Menu

Mode Gelap
PKM Center UM Bandung Gelar Dikusi Kiat Sukses Pendanaan PPK Ormawa Ruang Tanpa Nama, Buku yang Membawamu pada Kondisi Suwung Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Dorong Umat Islam Terlibat Aktif Membangun Peradaban Atasi Minimnya Informasi dari Lapangan, Relawan Kebencanaan Muhammadiyah Dibekali Keterampilan Jurnalistik Meriahnya MOTEKART Prodi PIAUD UM Bandung Suguhkan Berbagai Tampilan Mahasiswa Dengan Kostum Unik

Gerak WIB

Gejala Terpapar COVID-19 Dan Cara Menanganinya


 Gejala Terpapar COVID-19 Dan Cara Menanganinya Perbesar

Pemerinta Indonesia melalui covid19.go.id memberikan penjelasan terkait penanganan corona. Berdasarkan informasi yang dihimpun girimu.com melalui laman tersebut, covid-19 memiliki dua jenis gejala, yakni ringan dan berat.

Ketika seseorang diduga terinfeksi corona, gejala ringan yang muncul, yakni batuk hingga demam. Berdasarkan panduan, bila gejala ini muncul sebaiknya melakukan karantina sendiri di rumah.

Seseorang yang diduga menunjukkan gejala ringan corona tidak perlu dirawat di Rumah Sakit (RS). Saat dalam kondisi tersebut, masyarakat perlu memahami bahwa harus menjaga jarak dan tidak ke luar rumah.

Namun, apabila seseorang menunjukkan gejala berat atau cukup parah, tetaplah tenang dan tidak panik. Coba telaah riwayat bepergian atau aktivitas yang dilakukan sebelumnya.

Apabila sehabis bepergian ke negara dengan wabah corona tinggi, sebaiknya perlu waspada. Atau, bila curiga gejala tersebut mengarah pada corona, ada baiknya segera melakukan antisipasi.

Seseorang yang mengalami gejala cukup parah dan mengarah ke corona tidak disarankan menuju Fasilitas Kesehatan (Faskes) manapun. Masyarakat harus menelepon 119 ekstensi 9 untuk mendapatkan panduan dengan tepat.

Masyarakat perlu ingat bahwa corona bisa menyebar di jarak dekat. Corona bisa hingga dari orang yang terpapar melalui percikan saat batuk, bersin, hingga hembusan napas.

Untuk itu, sangat penting bagi mereka yang sakit memakai masker. Virus juga bisa menyebar pada benda yang terpapar sebelumnya. 

Para ahli memperkirakan, satu orang sakit dapat menularkan virus pada dua sampai tiga orang lainnya. Itu sebabnya, penting untuk tak melakukan kontak langsung dengan anggota keluarga terdekat. 

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Muhammadiyah Serahkan Alat Medis kepada Rumah Sakit Palestina di Mesir

31 January 2024 - 16:49 WIB

Beribadah Berkelanjutan Kajian Anjangsana PCM Benjeng

30 January 2024 - 12:16 WIB

EMT Muhammadiyah Buat Peta Jalan Masuk Palestina

28 January 2024 - 14:39 WIB

Hypnoheart Jadikan Siswa SD Muhammadiyah Benjeng Klepek-klepek

18 January 2024 - 20:27 WIB

Caleg Kadermu Lintas Partai Komitmen Besarkan Muhammadiyah

14 January 2024 - 23:39 WIB

Sholat Dhuha Jadi Menu Pagi SDM Benjeng

9 January 2024 - 11:12 WIB

Trending di Gerak