Home Kabar UM Surabaya Bikin Kotak Covid Untuk Sterilisasi Uang

UM Surabaya Bikin Kotak Covid Untuk Sterilisasi Uang

by Akhmad Sutikhon

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) menciptakan alat inovasi yang disebut BOX COVID-19 untuk mencega penyebaran virus Corona. Box COVID-19 ini merupakan alat sterilisasi uang otomatis dengan sinar Ultra Violet. Alat ini berfungi untuk membersihkan uang dari kuman; virus dan bakteri saat transaksi jual beli.


Iman Ramdhan, mahasiswa Jurusan S1 Elektro yang juga pencipta produk inovasi Box COVID-19 ini menyebutkan bahwa alat ini dilengkapi 2 pintu serta sensor Ultrasonik yang bisa membantu membuka pintu secara otomatis. Sehingga masyarakat tidak perlu menyentuh pintu atau alat ini saat melakukan transaksi.


“Produk ini diharapkan bisa membantu masyarakat khususnya pedagang dan pemilik warung agar tetap melakukan transaksi tanpa harus tertular virus Corona”, ujar Iman


Iman menjelaskan penggunaan alat, dikatakan oleh Iman bahwa alat ini dapat digunakan berjarak 5 cm pada pintu covid box maka secara otomatis pintu 1 membuka, sehingga pembeli bisa meletakkan uang ke dalam box. Ketika uang sudah berada di dalam covid box maka pintu 1 menutup secara otomatis. Kemudian uang di dalam box terpapar sinar Ultra Violet selama 15 detik. Pada tahap akhir pintu 2 dibuka oleh penjual, kemudian uang kembali tersebut bisa diambil kembali oleh pembeli.


Rektor UMSurabaya, dr. Dr. Sukadiono, M.M mendukung hadirnya alat inovasi yang dibuat oleh mahasiswanya. Di tengah kasus COVID-19 semakin tinggi dan skala penyebaran virus Corona semakin meluas, dia berharap alat ini menjadi salah satu solusi untuk menekan laju penyebaran virus di tengah masyarakat.


“Produk COVID-19 ini merupakan wujud kontribusi UMSurabaya sebagai perguruan tinggi untuk memerangi virus Corona” ujar Suko, rektor UMSurabaya.
Suko berharap, hadirnya Box Covid-19 ini berkontribusi dalam mengurangi kasus COVID-19, dan mencegah penyebaran virus di masyarakat.
Produk Box COVID-19 ini akan dirilis pada hari Jumat, 1 Mei 2020 di kampus UMSurabaya. 2 Produk akan dibagikan kepada pemilik warung nasi dan toko klontong agar digunakan dalam transaksi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian UMSurabaya kepada mereka yang masih harus berjualan, sekaligus mengurangi penyebaran virus Corona di masyarakat.

Related Articles

Leave a Comment