Menu

Mode Gelap
Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

Gerak WIB

Solidarity Buying Stategi Lazismu Jadi Pengaman Petani Saat Pandemi


 Solidarity Buying Stategi Lazismu Jadi Pengaman Petani Saat Pandemi Perbesar

Mendekati sepuluh hari terakhir bulan Ramadan di masa pandemi, Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat Hilman Latief mendorong warga Muhammadiyah membangun taawun dengan cara meningkatkan empati. “Kita sebagai jamaah kaum muslimin idealnya satu kesatuan. Salah satu yang bisa menjadi perekat adalah pelaksanaan zakat infak dan sedekah (ZIS). Karena dengan amal kebajikan itu ada penguatan solidaritas kolektif. Yang penting adalah membangun kesadaran individu dan kesadaran kolektif. Kesadaran sosial,” terang Hilman dalam program Ramadan TvMu, Rabu (13/5). 

#

Lazismu selain memaksimalkan penyaluran ZIS terhadap masyarakat ekonomi menengah ke bawah, menurut Hilman juga bergerak melalui berbagai program jangkah panjang lainnya yang membangun empati. Program jangka pendek berupa pembagian sembako, dilakukan Lazismu dengan sistem solidarity buying terhadap produk-produk sembako hasil rumahan masyarakat.  

Sementara itu untuk program jangka panjang ketahanan pangan, Lazismu selain bergerak dalam menanggulangi kemiskinan kultural dan struktural, juga bergerak bersama organisasi otonom, majelis dan lembaga Muhammadiyah untuk bekerjasama dengan para petani lokal. “Inilah maksudnya dalam taawun, empati yang dibangun,” tegas Hilman.

Artikel ini juga dimuat di http://www.muhammadiyah.or.id

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur

5 December 2022 - 17:54 WIB

MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru

4 December 2022 - 16:06 WIB

PRA Bolon Colomadu Bikinkan Sarapan Penggembira Muktamar 48

17 November 2022 - 13:35 WIB

PCIM Pakistan Dan LazisMu Salurkan Bantuan Untuk Penyintas Banjir

11 October 2022 - 22:15 WIB

Digitalisasi Dakwah, LDK Jatim Gelar Bimtek Dai Komunitas

27 August 2022 - 22:50 WIB

Sekolah Non Muslim Di Solo Siap Tampung Penggembira Muktamar 48

24 August 2022 - 06:05 WIB

Trending di Gerak