Home Uncategorized Pastikan Saat Lebaran Warga Bisa tersenyum MCCC Gresik Bagikan 6.519 Paket Sembako

Pastikan Saat Lebaran Warga Bisa tersenyum MCCC Gresik Bagikan 6.519 Paket Sembako

by Akhmad Sutikhon


Muhammadiyah Covid-19 Command Centre (MCCC) Gresik menggeber program Ketahanan Pangan jilid II, Selasa (19/5/20).  6.519 paket sembako didistribusikan di 17 kecamatan di Kabupaten Gresik.

Ketua  MCCC Gresik Hilmi Azis menyampaikan, Ketahanan Pangan jilid II ini merupakan gerakan nasional bersama seluruh Indonesia. “MCCC Gresik sendiri ada 6.519 paket yang didistribusikan,” ujar Hilmi.

Semua paket tersebut, disebar di seluruh ranting-ranting Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Gresik. Harapannya, dapat membantu saudara-saudara yang terdampak. “Kami ingin memastikan saat Lebaran tidak ada yang kelaparan atau tidak punya beras untuk dimasak,” tambahnya.

Paket sembako terdiri dari beras, mie instan dan minyak goreng. Paket ketahanan pangan ini selain diberikan ke warga Muhammadiyah yang terdampak, juga warga non Muhammadiyah.

“Prinsipnya kami tidak membedakan siapa yang mendapat batuan ini, tapi kami ingin memberikan perlindungan pangan dulu kepada warga Muhammadiyah baru ke warga lain yang terdampak pandemi Covid-19” terang guru yang suka mendongeng ini.

Selain didukung oleh masjid-masjid dan para mustahiq rutin Lazismu,, paket sembako  juga dibantu beberapa donatur. Di antaranya dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Graha Kembangan Asri dan alumni SMA Muhammadiyah 1 tahun 1986.

Sembako juga didistribusikan ke guru TPA
“Ada juga untuk guru-guru, IGABA, TPA, TPQ, dan BTC. Ini termasuk bakti guru. Juga ada untuk tenaga kesehatan dan IKKM RSMG,” jelasnya.

Sementara itu MCCC secara nasional mendistribusikan bantuan sebesar Rp 18,053 miliar dari hasil penghimpunan Rp 21.179 miliar. Bantuan disalurkan dalam bentuk paket-paket program pencegahan covid-19 seperti alat pelindung diri (APD) sebanyak 43.403 pcs, hand sanitizer 17.056 botol, tempat cuci tangan dan sabun 1.300 set, masker 151.627 pcs dan paket penyemprotan disinfektan sebanyak 8.107 paket.  

Bantuan dalam bentuk yang lain seperti Takjil dan Multivitamin sebanyak 77.585 paket, sembako sejumlah 68.669 paket, sementara untuk santunan sebanyak 7.447 paket sedangkan konten, informasi dan edukasi sebanyak 7.084 paket. (Yik)

Related Articles

Leave a Comment