Menu

Mode Gelap
Agar Siap Terjun ke Masyarakat, Mahasiswa PAI UM Bandung Dibekali Ilmu dan Tata Cara Pemulasaraan Jenazah Guru Tetap Jadi Penentu Meski Teknologi Mengubah Dunia Pendidikan Merasakan Hidup Bersama Nabi Muhammad Saw Panwascam Astanaanyar Kota Bandung Terus Matangkan Pengawasan Logistik Pemilu 2024 BPR Bank “Wong Cilik” – bandungmu.com

Gerak WIB

Ayomi Pekerja Muhammadiyah Dirikan Dana Pensiun Syariah


 Ayomi Pekerja Muhammadiyah Dirikan Dana Pensiun Syariah Perbesar

Muhammadiyah memiliki itikad untuk mengayomi para pekerja di Muhammadiyah dengan mendirikan Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah. Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan kesejahteraan kepada  seluruh pekerja Muhammadiyah khususnya saat memasuki masa purnatugas. Hal ini disampaikan dalam Covid Talk yang bertemakan “Jaminan Pensiun di Muhammadiyah”.


Jamaludin Joyoadikusumo selaku Direktur Utama Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah menyampaikan bahwa Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah ini memiliki program unggulan yakni Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP). Dalam penjelasannya, Jamaludin menyebutkan bahwa keunggulan PPMP adalah terjaminnya nilai manfaat pensiun yang akan diterima peserta saat memasuki usia pensiun nanti melalui rumus yang telah ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun (PDP) yakni 2,5% x Masa Kerja x Gaji Pokok Terakhir. 


Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah per Juni 2020 tercatat mengelola aset sebesar Rp 349 M. Dengan Dana sebesar itu, tentu Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah akan menjadi incaran industri perbankan, sekuritas  maupun manajemen aset.

Namun, Jamaludin menjelaskan bahwa Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah memiliki standard yang jelas dalam memilih mitra investasi. Dana pensiun Syariah Muhammadiyah harus mengkaji dan menganalisis kesehatan dari sebuah lembaga mitra investasi sebelum melakukan penempatan investasi. Hal ini dilakukan untuk memitigasi risiko yang mungkin terjadi dalam pengelolaan Dana investasi.

“Yang namanya kita Dana pensiun yang memiliki Dana cukup besar pasti semua mitra investasi  akan tertarik tetapi kita akan selalu memilih dan memilah” ujar Direktur Utama Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah tersebut.


Dalam rangka optimalisasi hasil investasi, Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah dalam beberapa tahun terakhir telah melakukan penempatan langsung dengan menjadi pemegang saham pengendali pada satu BPR Syariah dan satu BPR konvensional (sedang dalam proses konversi menjadi BPR Syariah) serta satu BPR Syariah yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta sedang dalam proses akuisisi.

Selain penempatan pada sektor perbankan, Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah juga telah mendirikan anak perusahaan yang bergerak di bidang general trading yang berkantor pusat di Jakarta.


Setiap tahun, Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah melakukan Valuasi Aktuaria untuk menilai kondisi terkini Rasio Kecukupan Dana (RKD) dari Pendiri dan 29 AUM yang menjadi Mitra Pendiri. Valuasi yang dilakukan setahun sekali itu akan menggambarkan hasil perhitungan yang jelas dan transparan yang akan dikomunikasikan kepada seluruh pengelola AUM. 


Dana Pensiun Muhammadiyah resmi melakukan konversi menjadi Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah pada tanggal 8 Januari 2019. Konversi ini merupakan jawaban atas usulan dari berbagai kalangan di Persyarikatan Muhammadiyah yang menginginkan agar Dana Pensiun Muhammadiyah dikelola berdasarkan prinsip syariah. Jamaludin berharap agar di masa mendatang semakin banyak AUM dan Badan Usaha Milik MUhammadiyah (BUMM)  yang bergabung menjadi mitra pendiri Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah. (*)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

IMMawati Gresik Kampanyekan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

28 November 2023 - 16:33 WIB

Bantuan Lazismu Jatim Untuk Palestina Diberangkatkan Dengan Kapal dr Radjiman Wedyodiningrat

27 November 2023 - 11:38 WIB

Caleg Kader-mu Kumpul di GDM, Siap Besarkan Muhammadiyah

13 November 2023 - 15:04 WIB

Perkuat Kualitas Kader, IMM Komisariat Teknokrat UMG Gelar Pelatihan Bidang

21 August 2023 - 07:58 WIB

Menumbuhkan Semangat Intelektual, IMM Gresik Gelar Madrasah Profetik

17 August 2023 - 01:48 WIB

Ini 4 Program Prioritas MPKSDI Pusat

27 July 2023 - 21:03 WIB

Trending di Gerak