Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat Ini Lima Poin Keputusan Ini Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta 7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas 13 Besar Haedar Nashir Teratas

Kabar WIB

Imbas Covid-19, Penyaluran Hewan Kurban SD Mugres Ikuti Protokol Kesehatan


 Petugas penyaluran hewan kurban menyerahkan kepada warga secara drive thrue. (Foto: Tanti) Perbesar

Petugas penyaluran hewan kurban menyerahkan kepada warga secara drive thrue. (Foto: Tanti)

GIRImu.com – Masih merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) berimbas pada pengelolaan dan penyaluran daging kurban. Demi pencegahan penularan dan penyebaran wabah virus itu, panitia Idul Adha 1441 H (2020) SD Muhammadiyah Kompleks Gresik (SD Mugres) menyalurkan daging kurban dengan tetap menngacu pada protokol kesehatan.

#

Hal itu dibuktikan pada penyaluran hewan kurban yang dilaksanakan, Sabtu (1/8/2020). Proses pengelolaan hewan kurban dan penyaluran dagingnya pun ditangani oleh tenaga dengan jumlah relatif sedikit. Hal ini dimaksudkan  memudahkan pelaksanaan jaga jarak (physical distancing) dan menghindari kerumunan panitia.

Pengelolanya pun wajib mematuhi ketentuan protokol kesehatan. Di antaranya, wajib memakai masker, cuci tangan dengan sabun, mengenakan sarung tangan steril, hingga pisau dan alat-alat lainnya yang  disterilkan terlebih dahulu. Semua anggota panitia terlihat disiplin mematuhi protokol kesehatan sebagaimana ditetapkan pihak yang berwenang. Untuk memaksimalkan kinerja, panitia bekerja sama dengan tim Juleha (juru sembelih halal) PDM Gresik.

Menurut Kepala SD Mugres, Hadi Purnomo, jumlah hewan kurban yang dikelola dibatasi agar lebih cepat tersalurkan. “Pembagian daging kurban pun kami salurkan dengan pola drive thru. Kalangan yang berhak menerima kurban bisa mengambil haknya cukup dari atas kendaraan,” kata Hadi saat dihubungi, Sabtu (1/8/2020).

Ketua Panitia Sumiyati, mengatakan, setelah mendapat izin dari Majelis Dikdasmen Cabang Gresik, SD Mugres Kampus B siap mengelola dan menyalurkan penyaluran daging kurban. Hal ini karena warga sekitar sekolah banyak yang berkategori mustahiq (berhak menerima daging kurban) dan masuk dalam prioritas penyaluran.

“Ini juga bagian dari upaya sekolah dalam syiar dakwah dan kepedulian terhadap warga sekitar sekolah,” tandas Sumiyati. (tin)

Kontributor: Aisyi Hartini

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur

24 November 2022 - 13:51 WIB

Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat

21 November 2022 - 10:33 WIB

7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas

20 November 2022 - 06:27 WIB

13 Besar Haedar Nashir Teratas

20 November 2022 - 01:45 WIB

hasil perolehan suara 13 besar Muktamar Muhammadiyah 48

2700 Pemilik Hak suara Tentukan 13 Pimpinan Dengan E-voting

19 November 2022 - 21:29 WIB

3700 Talent  Hibur  Pembukaan Muktamar ke48

19 November 2022 - 09:38 WIB

Trending di #muktamar muhammadiyah aisyiyah 48