Home Wawasan Berkebun, Cara Jitu Menghapus Rasa Bosan Siswa di Masa Pandemi

Berkebun, Cara Jitu Menghapus Rasa Bosan Siswa di Masa Pandemi

by Hartoko

Oleh ELI SYARIFAH

Tak terasa pembelajaran secara online yang dijalani oleh para siswa sudah berlangsung kurang lebih enam bulan, terhitung sejak pertengahan Maret hingga September 2020 ini. Timbulnya rasa bosan adalah hal sangat lumrah, baik bagi siswa maupun para wali siswa yang mendampingi putra/putri mereka selama proses belajar di rumah (BDR) di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Sebagai seorang guru di SD Alam Muhammadiyah Kedanyang  (SD Almadany) Kebomas, Gresik, saya  berusaha memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif demi melawan rasa bosan yang menyelimuti mereka agar belajar via daring (dalam jaringan/online) tidaklah garing . Cara yang kami tawarkan adalah mengajak siswa berkebun, yakni menanam cabe dan tomat di halaman rumah masing-masing.

Langkah-langkah dalam berkebun menanam cabe dan tomat cukup sederhana dan relatif mudah dilakukan siswa dan wali siswa. Pertama, saya semai bibit cabe dan tomat di tray semai dan gelas-gelas plastik bekas yang sudah saya lubangi bawahnya (sebagai saluran air), berikut adalah langkah-langkahnya:

1.            Rendam biji cabe dan tomat

2.            Siapakan tanah dan pupuk kompos dengan komposisi 70:30

3.            Siapakan tray semai dan gelas-gelas bekas

4.            Taruh biji cabe dan tomat yang sudah direndam sekitar kedalaman 5 cm

5.            Simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, jangan lupa disiram tiap hari

6.            Kurang lebih 10 hari akan muncul 3-4 daun bibit yang disemai dan siap dipindahkan ke pot yang lebih besar dengan menamahkan tanah dan pupuk.

Diharapkan, dengan kegiatan berkebun ini para siswa tidak merasa bosan di rumah. Ada kegiatan positif yang mereka lakukan bersama keluarga di rumah setiap hari dengan  menyirami tanaman, membersihkan gulma sekitar tanaman cabe dan tomat yang mereka pelihara.

Semoga dengan mengajak anak-anak berkebun, bisa memberikan pengalaman baru yang menyenangkan. Anak-anak bisa belajar untuk bertanggung jawab, mencintai lingkungan dan alam, serta mengenal tumbuh-tumbuhan. Dan, yang paling penting bisa menghilangkan rasa bosan di rumah selama masa pandemi corona yang entah sampai kapan mesti berlangsung. (*)

*) Penulis adalah guru di SD Almadany Kebomas, Gresik.

Related Articles

1 comment

Eli Syarifah 09/09/2020 - 11:08

Yuk kita berkebun untuk menghilangkan kejenuhan di rumah👍

Reply

Leave a Comment