Menu

Mode Gelap
Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

Kabar WIB

Manfaatkan Medsos untuk Branding dan Promosi Sekolah


 Workshop penulisan berita saat berlangsung di SD Almadany. (Foto: Kurnia Royani Novitasari). Perbesar

Workshop penulisan berita saat berlangsung di SD Almadany. (Foto: Kurnia Royani Novitasari).

GIRImu.com – Jejaring media sosial (Medsos) semestinya dimanfaatkan secara maksimal sebagai media branding dan promosi sekolah. Salah satunya melalui penulisan berita menarik yang ada di sekolah.

#

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Humas SD Alam Muhammadiyah Kedanyang (SD Almadany) Kebomas, Gresik, Mahfudz Efendi, pada kegiatan workshop penulisan berita, Senin (7/9/2020) di ruang kelas SD Alam pertama di Gresik itu.

“Jejaring media sosial wajib dimanfaatkan untuk promosi sekolah. Ini sarana efektif dan murah meriah yang bisa membantu upaya pengembangan sekolah,“ kata Fendi, sapaan akrab Mahfudz Efendi kepada peserta workshop.

Selain nyaris tanpa biaya, tambahnya, jangkauan yang luas dari pengguna media sosial memungkinkan berita atau informasi yang di-upload bisa dilihat dan dibaca banyak orang, tanpa batas ruang dan waktu. Meski demikian, Fendi mengingatkan peserta workshop untuk berhati-hati dan bijak dalam menggunggah berita atau informasi di media social.

“Salah sedikit, jejak digital kita akan terekam dan sulit untuk menghapusnya dan bisa menjadi blunder buat kita dan sekolah,” ujarnya.

Workshop penulisan berita merupakan salah satu program bidang Humas SD Almadany Tahun Pelajaran 020/2021. Kegiatan tersebut selain diikuti guru SD Almadany juga diikuti guru-guru TK  Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA 34) Kedanyang, Gresik dan mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Gresik yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SD Almadany.

Peserta workshop dari TK ABA 34 Kedanyang, Siti Anisyrah, menuturkan kesannya setelah mengikuti acara workshop penulisan berita. Anisyah mengaku acara pelatihan ini sangat bermanfaat baginya sebagai kader kontributor untuk terus melatih kemampuannya dalam menulis dan mengembangkan media promosi sekolah.

Alhamdulillah pelatihan hari ini sangat bermanfaat, materi yang disampaikan singkat padat dan jelas,” ucapnya.

Kesan serupa juga diungkapkan peserta lainnya. “Alhamdulillah, saya dan teman-teman bisa mendapatkan ilmu tambahan yang bermanfaat selama masa KKN yang bisa kami terapkan saat kami kembali ke kampus nanti, yaitu untuk belajar menulis berita,” ujar Novita Nur Hayati mahasiswa semester 5 yang tengah mengambil studi Ekonomi Syariah di Universitas Internasional Semen Indonesia ini.

Di akhir kegiatan, peserta diminta membuat sebuah berita menarik yang ada di sekolah masing-masing untuk dijadikan sebuah karya tulis guru-guru perguruan Muhammadiyah Kedanyang, Kebomas, Gresik.

Pada kesempatan itu, Kepala SD Almadany A.H. Nurhasan Anwar menambahkan  pentingnya pemanfaatan Medsos untuk promosi sekolah. Dengan menulis berita, promosi sekolah yang bagus dan menarik lainnya adalah dengan membuat flayer. Flyer ini dapat berisi kalimat  motivasi, peristiwa penting,  yang disertai gambar animasi menarik. (*)

*) Kontributor: Kurnia Royani Novitasari, Mahfudz Efendi

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru

4 December 2022 - 16:06 WIB

Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

3 December 2022 - 20:55 WIB

Hasil Muktamar 14 Nasyiatul Aisyiyah Harus Menguatkan Peradaban

30 November 2022 - 23:08 WIB

Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur

24 November 2022 - 13:51 WIB

Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat

21 November 2022 - 10:33 WIB

7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas

20 November 2022 - 06:27 WIB

Trending di #muktamar muhammadiyah aisyiyah 48