Home Kabar Perguruan Muhammadiyah Gresik Operasionalkan Lokal Layanan Terpadu Satu Atap

Perguruan Muhammadiyah Gresik Operasionalkan Lokal Layanan Terpadu Satu Atap

by Hartoko

GIRImu.com – Kompleks Perguruan Muhammadiyah Cabang Gresik kini memiliki lokal terpadu satu atap. Lokal baru ini terdiri atas ruang kepala sekolah bersama, ruang rapat, ruang bendahara, ruang tata usaha, dan multimedia.

Peresmian lokal baru ini dilakukan pada Rabu (9/9/2020). Tidak terlalu banyak yang menghadiri peresmian ini karena masa pandemi virus corona (Covid-19) belum memungkinkan menghadirkan undangan dalam jumlah besar. Di antara undangan yang hadir, nampak para kepala SD Muhammadiyah Kompleks (SD Muhammadiyah 1, 2, dan 3 Gresik), kepala SMP Muhammadiyah 1 Gresik, Majelis Dikdasmen PCM Gresik, dan beberapa guru dan karyawan. Turut hadir pula KH Muchtar Buchori (Ketua PCM Gresik), H. Mahfudl Asyrofi (Wakil Ketua PDM Gresik), dan Ainul Muttaqin, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang baru dilantik.

Keberadaan lokal terpadu satu atap ini dimaksudkan untuk mempermudah koordinasi antarsekolah. Lebih dari itu, adanya gedung bersama ini akan lebih menyolidkan antarpimpinan, bagian keuangan, bagian administrasi, dan sistem kerja guru-karyawan. Dan, yang lebih utama, pelayanan kepada wali siswa dan pihak umum menjadi lebih mudah dilakukan.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gresik, KH Muchtar Buchori, mengungkapkan rasa harunya atas peresmian gedung baru ini. “Akhirnya apa yang telah lama dicita-citakan dan diangan-angankan bisa terwujud sekarang. SD Muhammadiyah 1, 2, dan 3 menjadi ‘satu nyawa’, yaitu SD Muhammadiyah Kompleks Gresik,” ujarnya.

Suasana makin khidmat ketika mars Muhammadiyah dinyanyikan saat acara pembukaan. Semua undangan seakan hanyut dalam situasi yang mengundang rasa haru itu.

“Saya teringat momen 65 tahun lalu saat saya masih sekolah dasar. Dulu hanya ada satu, yaitu SR Muhammadiyah. Saya harap lagu ini menjadi pengingat untuk kita semua, bahwa kita bekerja di sini karena Allah,” kenangnya memberikan motivasi.

Nazar Alwasly, Kaur Sarana dan Prasarana (Sarpras) Majelis Dikdasmen Gresik, mengungkapkan, pembangunan lokal baru itu dimulai pertengahan April 2020. Ia tambahkan, pembangunan gedung baru ini dilakukan oleh pekerja dari warga Muhammadiyah sendiri. Ia juga berpesan kepada seluruh pengelola Sarpras di bawah naungan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Kompleks Perguruan Muhammadiyah Gresik untuk menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk perpindahan ke gedung baru.

“Karena bulan Juni tahun depan kita akan punya gawe besar, yaitu pindah gedung ke eks-gedung SMAMSATU (SMA Muhammadiyah 1, Red.),” ujarnya.

Saat membuka acara peresmian gedung baru itu, Ketua Majelis Dikdasmen PCM Gresik, Ahmad Subagiono, menyatakan, pembangunan lokal baru itu bertujuan untuk kebaikan dan kemajuan  bersama. Hal ini sesuai dengan slogan: Satu Kata, Satu Suara, Maju Bersama.

“Sekarang multimedia jadi satu, ruang kepala sekolah jadi satu, tata usaha jadi satu, bendahara pun jadi satu. Harapannya, kita semakin kompak untuk maju bersama. Alhamdulillah, di akhir masa jabatan kami, kami persembahkan karya yang terbaik,” pungkasnya. (yan)

Kontributor: Awiyan Subekti

Related Articles

Leave a Comment