Menu

Mode Gelap
Tim PPK Ormawa Hima PAI UM Bandung Menuju Abdidaya Nasional 2023 Unisa Bandung Jadi Tuan Rumah Munas Aslama PTMA Rumah Sakit Muhammadiyah Jangan Merasa Aman di Zona Nyaman UM Bandung dan IPG Kampus Perlis Lakukan Pertemuan Kerja Sama, Salah Satunya Soal Penelitian Agar Siap Terjun ke Masyarakat, Mahasiswa PAI UM Bandung Dibekali Ilmu dan Tata Cara Pemulasaraan Jenazah

Kabar WIB

Webinar, Cara Solutif SD Mugres Warnai Pembelajaran di Masa Pandemi


 Nara sumber menyampaikan materi webinar di SD Mugres. (Foto: Setia Rakhmadi) Perbesar

Nara sumber menyampaikan materi webinar di SD Mugres. (Foto: Setia Rakhmadi)

GIRImu.com РDampak pandemi virus corona (Covid-19) tidak saja dirasakan secara langsung di bidang kesehatan dan ekonomi, tetapi juga di dunia pendidikan. Banyak masyarakat yang mengeluhkan kondisi pembelajaran  saat ini, karena tidak bisa bertatap muka secara langsung di kelas, tetapi harus belajar dari rumah secara daring (dalam jaringan/online).

Berbagai kendala yang masih banyak dialami oleh para orang tua ini mendorong panitia PPDB SD Muhammadiyah Kompleks Gresik mengadakan webinar dengan tema “Cerdas Mendidik Anak di Masa Pandemi”. Dengan mengundang pembicara bertaraf nasional, Dr Mulyana A.Z., MPsi, webinar ini sukses menjaring lebih dari 100 peserta yang terjaring secara live lewat aplikasi Zoom.

Kegiatan webinar SD Muhammadiyah Kompleks digelar pada Sabtu (19/09/2020), diikuti oleh guru-guru TK se-Kabupaten Gresik, wali murid SD Muhammadiyah Kompleks, serta wali murid yang telah mendaftarkan secara inden di sekolah berjuluk SD MUGRES ini.

Dalam paparannya, Mulyana mengatakan, kunci kesuksesan dalam mendidik anak yang utama dan pertama adalah dari orang tua. Dalam masa pandemi seperti saat ini, orang tualah yang menggantikan peran guru untuk mengajarkan materi pelajaran di rumah. Tentunya tidak semua wali murid mudah melakukan hal tersebut.

Hal yang harus diterapkan para orang tua untuk berhasil melaksanakannya, sambung Mulyana, adalah dengan mengontrol emosi. Orang tua harus memahami dan memberikan pengertian kepada anak, bahwa kondidi belajar di rumah adalah solusi terbaik yang diberikan oleh pemerintah agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas.

Anne Maria, wali murid kelas IV yang turut mengikuti webinar mengakatakan senang mengikuti kegiatan ini. Maria menjelaskan, banyak ilmu baru yang dapat dipraktikkan dalam mendampingi ananda di rumah. Penyampaian materi yang ringan dan mudah dipahami juga menjadikan kegiatan webinar ini menarik untuk diikuti.

Webinar itu merupakan acara pembuka dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD Muhammadiyah Kompleks. Ketua PPDB, Kumil Laela SPd, mengatakan, webinar merupakan salah satu solusi menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para orang tua dalam mendampingi putra putrinya belajar di rumah. Sebab, dalam webinar banyak hal yang bisa diterima oleh wali murid/orang tua dalam menghadapai proses pembelajaran di rumah. (zar)

Kontributor: Nurinda Zamania

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pasar Digital Ideologi Lahan Baru Aisyiyah

2 December 2023 - 19:45 WIB

Bantuan Lazismu Jatim Untuk Palestina Diberangkatkan Dengan Kapal dr Radjiman Wedyodiningrat

27 November 2023 - 11:38 WIB

PDM Gresik: Muhammadiyah Jadi Masuk Surga

26 November 2023 - 19:48 WIB

Ketua PDM Gresik Beri Pesan pada Siswa SD Almadany

26 November 2023 - 12:13 WIB

SD Almadany Gresik Kembangkan Budaya Literasi lewat Pojok Baca

24 November 2023 - 20:28 WIB

Warga Muhammadiyah Harus Punya Kalkulasi Politik

19 November 2023 - 19:38 WIB

Trending di Kabar