Home Gerak Rela Bertahan 4 Jam Demi Milad Virtual Muhammadiyah

Rela Bertahan 4 Jam Demi Milad Virtual Muhammadiyah

by Hartoko

GIRImu.com – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik, Rabu (18/11/2020) mengundang seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah di wilayah Kabupaten Gresik untuk mengikuti nonton bareng (nobar) Resepsi Milad ke-108 Muhammadiyah. Acara resepsi milad ini diadakan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang di-relay oleh PDM se-Indonesia.

Dalam milad di masa pandemi ini, Presiden Jokowi juga tampil memberikan sambutan. Selain itu, ada Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berkenan menyampaikan sambutan. Bahkan Gubernur Ganjar sempat membaca puisi. Begitu juga penyair gaek Taufik Ismail. Acara virtual yang disiarkan secara live zoom ini berlangsung dari tiga tempat yang berbeda. Ketiga lokasi dimaksud adalah Masjid At Tanwir di Jakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta.

Mengingat Indonesia masih menghadapi masa pandemi Covid-19, sebagai upaya meminimalkan kerumunan, acara nobar yang diadakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Gresik hanya dihadiri unsur pimpinan PDM dan PDA berikut ketua majelis/lembaganya. Seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah lainnya mengikuti secara virtual melalui aplikasi zoom.

Pada kesempatan ini, Ketua PDM Gresik, Taufiqulloh A. Ahmady, menyempatkan menyapa semua Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang mengikuti dari tempatnya masing-masing. Salah satu cabang yang mengadakan acara nonton bareng adalah PCM Kecamatan Gresik. Nonton bareng PCM Gresik dimulai pukul 10.30 menempati Aula Matahari SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Tidak hanya dari PCM dan PCA saja yang hadir, beberapa guru yang berada pada naungan Majelis Dikdasmen Kecamatan Gresik juga mengikuti acara ini.

H. Muchtar Buchori, Ketua PCM Kecamatan Gresik menuturkan, meskipun peringatan kali ini diadakan berbeda dari biasanya, tidak menyurutkan antusias warga Muhammadiyah di Kecamatan Gresik untuk merayakan milad ke 108 Muhammadiyah. Padahal acara ini berlangsung selama kurang lebih empat jam. Peserta tidak beranjak dari tempat duduknya hingga acara berakhir. (abi)

Kontributor: Nurindah Zamania, SD Mugres

Related Articles

Leave a Comment