Home Kabar Ikutkan Lomba DKAI, SD Almadany Terus Pacu Kemampun dan Kreativitas Siswanya

Ikutkan Lomba DKAI, SD Almadany Terus Pacu Kemampun dan Kreativitas Siswanya

by Hartoko

GIRImu.com – Sekolah Dasar Alam Muhammadiyah Kedanyang (SD Almadany) Kebomas, Gresik terus mengasah dan memacu kemampuan serta kreativitas anak didiknya dalam meraih prestasi. Salah satu yanh dilakukan adalah mengikutkan para siswa sekolah berkonsep alam itu dalam berbagai lomba, baik sekala lokal maupun nasional, bahkan internasional.

“Pola ini untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat yang dimiliki siswa, mengembangkan kemampuan mereka ke tahap lebih tinggi dengan berkompetisi, baik secara lokal maupun nasional, syukur kalau bisa tembus ke level internasional,” ujar Kepala SD Almadany, A.H. Nurhasan Anwar, di kantornya, Kamis (26/11/2020).

Tanpa menyampaikan data secara rinci, Hasan, sapaan akrab Nurhasan Anwar, sejumlah prestasi membanggakan telah diraih anak didiknya, baik dari aspek akademis maupun non-akademis, khususnya yang terkait kreativitas. Selain menjadi kebanggaan siswa dan orang tuanya, prestasi yang diraih dari berbagai lomba itu, dinilai bisa menjadi magnet bagi pengembangan sekolah yang baru berusia tiga tahun ini.

“Terus terang, kami merasa bangga dengan apa yang dicapai anak-anak. Karena itu, kami terus berupaya mendorong dan memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada anak-anak untuk berkembang sesuai talenta yang dimiliki,” tandasnya.

Dikatakan, saat ini 9 siswanya tengah mengikuti lomba Dancow Kreasi Anak Indonesia (DKAI) 2020. Ke-9 siswa itu mengikuti lomba tingkat nasional ini dalam dua kategori, yakni kelompok dan individu. Ada dua kelompok yang diikuti 6 siswa. Diharapkan, lomba yang berlangsung hingga Desember 2020 itu akan membuahkan hasil gemilang, seperti telah diraih dalam sejumlah lomba sebelumnya.

Salah seorang wali murid, Nina Puspita Sari, bunda dari Kayla Shafa Archilla, menyatakan mendukung kegiatan yang dinilai memacu kemampuan siswa ini. Dikatakan, dengan mengikutkan para siswa dalam lomba DKAI ini, diharapkan kemampuan mereka makin terasah, yang pada gilirannya akan mengukir prestasi. Harapan itu juga ia sandarkan untuk putrinya yang juga menjadi salah sartu peserta lomba.

“Dengan terus ikut lomba, khususnya di bidang seni, kemampuan anak-anak kian terasah dan akan tampil berani dan percaya diri,” katanya.

Dari empat kategori lomba DKAI 2020, yaitu lingkungan, nutrisi, Iptek, dan seni kreativitas, siswa SD Almadany mengikuti kategori inovasi lingkungan, inovasi nutrisi, dan seni kreativitas. Kategori inovasi nutrisi diikuti kelompok 1 yang terdiri atas Isra Kenzie Nazhari, Ayra Queen Malika, dan Andhika Rifki Arsaviansyah. Ketiga siswa kelas 3 Antartika ini mempresentasikan ice cream rasa empon-empon penangkal virus corona. Video presentasi kelompok ini dapat dilihat di channel Youtube SD Almadany https://youtu.be/m3QZFhV4cu0.

Dari kategori inovasi lingkungan diikuti kelompok 2 kelas 3 Antartika yang terdiri atas Aisyah Jasmine Zaini, Darrel Altair Putra Hermanto, dan Arafat Deanova Gunawan. Ketiganya mempresentasikan video Dancow pocket, yaitu tempat menyimpan masker dan hand sanitizer dari bahan daur ulang. Video presentasi kelompok ini dapat dilihat di channel Youtube SD Almadany https://youtu.be/o1TBdVzrODE.

Sedangkan sisanya mengikuti kategori lomba seni kreativitas. Mereka adalah Hanifah Arin Widiyangmuda dengan puisi kemerdekaannya yang dapat dilihat di channel Youtube SD Almadany https://youtu.be/j92rSc37BwU . Enjeli Daiva Javanda dengan video menyanyinya di tautan Youtube SD Almadany https://youtu.be/7zirvnkj9Eo.

Video menggambar di media tas ramah lingkungan (ecobag sponbund) dapat dilihat di cahnnel Youtube https://youtu.be/gfNDB5cFvzI. Di tautan Youtube https://youtu.be/sTTdLYKTAZE , Kayra Allena Makayla Putri menampilkan tari dongklak. Sementara Khumaira Wardatul Jannah menampilkan puisi tentang ibu yang juga dapat dilihat di cahnnel youtube https://youtu.be/r87UytXyeGg .

Di tautan https://youtu.be/AtZR_VezJZo, dapat disaksikan Naqia Aszrha Putri Hermanto yang berperan sebagai dalang cilik. Sedangkan Indira Nahda Ramadhina menampilkan lagu yang dapat dilihat di https://youtu.be/Z7QzgvR_2Lw (fud)

*) Kontributor: Mahfudz Efendi

Related Articles

Leave a Comment