Menu

Mode Gelap
Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

Kabar WIB

Perjuangan Peraih Juara Lomba Video Pembelajaran di Majelis Dikdasmen Gresik


 Ifrahatun Nadiya menerima penghargaan dari Ketua Majelis Dikdasmen PCM Gresik, Ahmad Subagiono. (Foto: Bening Satria) Perbesar

Ifrahatun Nadiya menerima penghargaan dari Ketua Majelis Dikdasmen PCM Gresik, Ahmad Subagiono. (Foto: Bening Satria)

GIRImu.com – Bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN), Rabu (25/11/2020) Majelis Dikdasmen PCM Gresik mengumumkan para juara lomba video pembelajaran. Lomba itu diadakan oleh Urusan Kurikulum Majelis Dikdasmen PCM Gresik dengan peserta para guru yang berada di bawah naungan Majelis Dikdasmen PCM Gresik, yaitu guru SD Mugres dan SMP Muhammadiyah 1 Gresik (Spemutu).

#

Pengumuman lomba digelar di ruang Multimedia Majelis Dikdasmen PCM Gresik, Jl KH Kholil No. 90 dan disiarkan secara langsung melalui Zoom. Kategori video pembelajaran SD diraih oleh guru SD Mugres, yakni Ifrahatun Nadiya, SPd yang menyabet Juara I. Sertifikat dan penghargaan secara langsung diserahkan oleh Ketua Majelis Dikdasmen PCM Gresik, Ir Ahmad Subagiono.

“Semoga adanya kompetisi ini bisa memotivasi para guru lainnya untuk terus berinovasi dalam pembuatan media pembelajaran selama masa daring ini,” ujar Subagiono saat mengumumkan para juara lomba.

Dihubungi melalui chat WhatsApp, Ifra, sapaan akrab Ifrahatun Nadiya, memaparkan perjuangan di balik kesuksesan pembuatan video pembelajaran yang ia buat. Wanita lulusan S1 PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik ini mengaku tidak terbiasa syuting dan menurutnya lebih enak jika materi disampaikan secara langsung. Namun, demi memenangkan lomba itu, ia harus berjuang sekuat tenaga dan pikirannya untuk bisa membuat video yang bagus.

“Saya sempat take berkali-kali. Kalau ada kalimat yang kurang, saya take lagi,” katanya mengisahkan jeri payahnya membuat video yang diikutkan lomba.

Kendala lain yang harus ia hadapi, sambung Ifra, adalah dalam menemukan gambar yang sesuai dengan materi, penggunaan background untuk membuat video lebih berwarna, dan tidak monoton.

Sementara Kaur Kurikulum Majelis Dikdasmen PCM Gresik, Rufqotuz Zakhiroh, SPd MPd yang sekaligus juri dalam lomba itu mengungkapkan, penyelenggaraan lomba bertujuan memotivasi dan mengaktualisasikan kompetensi guru dalam penerapan teknologi informasi. Hasilnya, katanya, karya inovatif berupa video pembelajaran.

“Pada gilirannya, hal ini jugan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah Muhammadiyah di bawah naungan Dikdasmen PCM Gresik, sehingga diharapkan akan berpengaruh pada peningkatan kinerja guru dan prestasi peserta didik,” ujarnya. (yan)

Kontributor: Awiyan Subekti, SD Mugres

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru

4 December 2022 - 16:06 WIB

Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

3 December 2022 - 20:55 WIB

Hasil Muktamar 14 Nasyiatul Aisyiyah Harus Menguatkan Peradaban

30 November 2022 - 23:08 WIB

Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur

24 November 2022 - 13:51 WIB

Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat

21 November 2022 - 10:33 WIB

7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas

20 November 2022 - 06:27 WIB

Trending di #muktamar muhammadiyah aisyiyah 48