Home Kabar Ketua LSBO PWM Jatim: Didik dan Bimbinglah Siswa dengan Sentuhan Hati

Ketua LSBO PWM Jatim: Didik dan Bimbinglah Siswa dengan Sentuhan Hati

by Redaktur 1

GIRImu.com – SD Muhammadiyah Kompleks Gresik (SD Mugres) dan SMP Muhammadiyah 1 Gresik (Spemutu) menggelar kajian secara online, Kamis (3/12/2020). Kajian bertajuk Dhuha Time ini sudah digelar ke-13 kalinya. Para peserta menyaksikan melalui aplikasi Zoom secara live streaming.

Kajian di masjid Taqwa Kompleks Perguruan Muhammadiyah Kecamatan Gresik ini menghadirkan Ir Sudarusman yang juga Ketua Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) PWM Jawa Timur, sebagai nara sumber tema “Mendidik dengan Kalbu, Mengajar dengan Ilmu”.

Berbeda dengan pelaksanaan Dhuha Time biasanya yang berisi materi agama dan ke-Muhammadiyah-an, kali ini Sudarusman menyampaikan materi seputar psikologi pendidikan. Ia menyebut, pendidikan itu dilakukan oleh orang tua dan guru. Pentingnya pendidik membimbing dengan sentuhan hati agar dapat menyentuh aspek psikologi anak. Sudarusman lalu memberikan tips cara agar pendidik mampu mendidik dengan hati.

“Pendidik harus dekat dengan anak. Jika sudah dekat, akan akrab. Setelah akrab, akan tercipta perasaan bahagia. Barulah anak mudah menyerap ilmu dari pendidik,” tutur Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 10 Surabaya ini.

Dalam acara yang diikuti guru dan karyawan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Gresik ini, Sudarusman juga menyampaikan, sekarang guru harus mengajar tidak hanya dengan teori, tapi juga dengan praktik. Tujuannya, memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Tidak hanya itu, guru harus menjadi contoh, inspirator dan motivator bagi anak didiknya. (nur)

Kontributor: Nurindah Zamania

Related Articles

Leave a Comment