Menu

Mode Gelap
PKM Center UM Bandung Gelar Dikusi Kiat Sukses Pendanaan PPK Ormawa Ruang Tanpa Nama, Buku yang Membawamu pada Kondisi Suwung Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Dorong Umat Islam Terlibat Aktif Membangun Peradaban Atasi Minimnya Informasi dari Lapangan, Relawan Kebencanaan Muhammadiyah Dibekali Keterampilan Jurnalistik Meriahnya MOTEKART Prodi PIAUD UM Bandung Suguhkan Berbagai Tampilan Mahasiswa Dengan Kostum Unik

Gerak WIB

Muhammadiyah Buka Dapur Umum Di Benjeng


 Muhammadiyah Buka Dapur Umum Di Benjeng Perbesar

Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) bergerak cepat merespon banjir di kecamatan Benjeng Gresik. Dibawah koordinasi Muhammadiyah Disaster management Center (MDMC) membuka posko dan dapur umum sebagai respon banjir yang melanda kawasan Gresik Selatan, Minggu (13/12). Posko dibuka di Perguruan Muhammadiyah Benjeng.

Gerak cepat ini bekerja sama dengan Lazimu Kantor Layanan Benjeng. “Kawasan Benjeng dan sekitarnya sebetulnya sudah terbiasa dengan banjir. Tapi kali ini debit airnya cukup besar. Banyak sekali warga yang terdampak,” terang Deni AS, ketua Pemuda Muhammadiyah Benjeng. “Kami berkolaborasi dengan Lazismu memutuskan untuk membuka posko dan dapur umum. Kasihan warga karena sebagian besar tidak bisa memasak karena rumahnya terendam,” lanjutnya.


Rencananya, untuk malam ini akan didistribusikan sekitar 5000 nasi bungkus. Untuk distribusi di lapangan, AMM Benjeng terus berkoordinasi dengan para kepala desa di wilayah yang terdampak banjir. “Data pastinya kami belum dapat. Tetapi, jumlahnya banyak sekali. Beberapa desa saat ini aksesnya malah terputus. Nanti penyaluran ke warga, kami koordinasi dengan kepala desa terdampak,” jelasnya.


Sementara itu, Lazismu Benjeng telah melaporkan musibah banjir ini ke Lazismu Gresik. Selanjutnya diteruskan ke MDMC Gresik untuk aksi lebih lanjut. Sembari itu, Lazismu Benjeng juga membuka donasi. Baik beruba barang maupun uang. “Kami membuka donasi banjir. Sudah ada beberapa yang kami terima. Baik barang maupun uang. Mengingat besarnya banjir kali ini, kami membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari para dermawan guna meringankan beban saudara-saudara yang terkena musibah,” jelas Ram Surahman, ketua Lazismu Benjeng.
Untuk donasi dan informasi terkait dapur umum dan posko banjir Benjeng, bisa menghubungi Ram Surahman di 08563360481. (*)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Muhammadiyah Serahkan Alat Medis kepada Rumah Sakit Palestina di Mesir

31 January 2024 - 16:49 WIB

Beribadah Berkelanjutan Kajian Anjangsana PCM Benjeng

30 January 2024 - 12:16 WIB

EMT Muhammadiyah Buat Peta Jalan Masuk Palestina

28 January 2024 - 14:39 WIB

Hypnoheart Jadikan Siswa SD Muhammadiyah Benjeng Klepek-klepek

18 January 2024 - 20:27 WIB

Caleg Kadermu Lintas Partai Komitmen Besarkan Muhammadiyah

14 January 2024 - 23:39 WIB

Sholat Dhuha Jadi Menu Pagi SDM Benjeng

9 January 2024 - 11:12 WIB

Trending di Gerak