Menu

Mode Gelap
Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

Kabar WIB

Warna-warni Batu Akuarium di Kolaborasi Spemutu-SD Mugres


 Aurey Zhafira Bilqis Kurniawan siswi kelas 2 SD Mugres memamerkan mini akuarium karyanya. (Foto: Awiyan Subekti) Perbesar

Aurey Zhafira Bilqis Kurniawan siswi kelas 2 SD Mugres memamerkan mini akuarium karyanya. (Foto: Awiyan Subekti)

GIRImu.com – Warna-warni batu akuarium menghiasi kegiatan akhir semester yang diselenggarakan oleh Sekolah Kompleks Perguruan Muhammadiyah Gresik Senin-Rabu (14-16/12/2020). SD Muhammadiyah Kompleks Gresik (SD Mugres) dan SMP Muhammadiyah 1 (Spemutu) Gresik berkolaborasi untuk menyemarakkan even itu.

#

Bening Satria Prawira Diharja, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kegiatan Sekolah dan Kesiswaan Spemutu, mengungkapkan, tema kegiatan kali ini menitikberatkan pada konsep entrepreneur. “Karena masih dalam kondisi pandemi, maka kegiatan akhir semester dilaksanakan dengan sistem daring (online) menggunakan aplikasi Zoom,” ujar alumni Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada Fakultas Ilmu Keolahragaan ini.

Hari pertama kegiatan akhir semester diisi dengan pembuatan mini akuarium yang dipandu oleh siswa Spemutu, Aqila Rakha dari kelas IX. Kegiatan ini disiarkan secara langsung melalui Zoom, berlangsung di ruang multimedia Mejelis Dikdasmen PCM Gresik, Jl K.H. Kholil no 90 Gresik. Rakha, sapaan akrab Aqila Rakha, mengatakan, mini akuarium ini berbeda dari akuarium lainnya, karena bahan baku pembuatan akuarium ini adalah botol bekas, bukan kaca seperti pada umumnya.

“Jadi, kita bisa mengurangi sampah botol bekas yang ada di sekitar kita dengan mendaur ulang menjadi bahan bermanfaat, seperti akuarium ini contohnya,” ujar siswa yang menyukai dunia lokomotif ini.

Diikuti oleh 155 siswa SD Mugres kelas 1-3, berbagai mini akuarium cantik dihasilkan selama mengikuti panduan yang diberikan oleh Rakha. Salah satu contohnya adalah mini akuarium buatan Audrey Zhafira Bilqis Kurniawan kelas 2 Siti Aisyah Hilal. Didampingi ibundanya, Rara sapaan akrab Audrey Zhafira Bilqis Kurniawan, berhasil membuat mini akuarium dari botol bekas.

Wenny Heryuliastanti Anggraeni, ibunda Rara, mengungkapkan rasa senangnya terkait kegiatan Spemutu ini. Dikatakan, kegiatan seperti ini tidak hanya membuat anak cerdas secara pengetahuan, tapi juga cerdas berkreasi sesuai bakat yang dimiliki.

“Selain itu, kami sebagai orang tua merasa bahagia. Sebab, dalam kondisi pandemi seperti ini anak-anak tetap melakukan kegiatan belajar dan kami bisa mengawasi langsung proses pembelajaran, serta mengetahui sikap dan apresiasi anak kami terhadap proses pembelajaran yang diberikan sekolah,” imbuhnya.

Ditemui usai acara, Eka Meita Sari, Wakil Kepala Sekolah Urusan Dikjarur SD Mugres mengatakan, kegiatan akhir semester ini untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur para siswa SD Mugres. “Mengisi waktu setelah para siswa melaksanakan penilaian akhir semester, kolaborasi ini kami harap bisa menumbuhkan jiwa entrepreneur anak-anak,” ujar wanita yang hobi travelling ini. (yan)

Kontributor: Awiyan Subekti

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru

4 December 2022 - 16:06 WIB

Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

3 December 2022 - 20:55 WIB

Hasil Muktamar 14 Nasyiatul Aisyiyah Harus Menguatkan Peradaban

30 November 2022 - 23:08 WIB

Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur

24 November 2022 - 13:51 WIB

Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat

21 November 2022 - 10:33 WIB

7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas

20 November 2022 - 06:27 WIB

Trending di #muktamar muhammadiyah aisyiyah 48