Home Gerak Muhammadiyah Benjeng Kembali Buka Dapur Umum

Muhammadiyah Benjeng Kembali Buka Dapur Umum

by Akhmad Sutikhon

Respon cepat dilakukan Muhammadiyah Benjeng menghadapi banjir yang menerjang kawasan Gresik Selatang, Senin (28/12/2020). Lazismu dan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) membangun posko banjir dan dapur umum di Perguruan Muhammadiyah Benjeng.

“Kami putuskan membuka dapur umum melihat banyaknya warga yang terdampak banjir kali ini. Dibanding Minggu (13/12) lalu, banjir kali ini lebih besar. Banyak sekali rumah warga yang terendam. Karena itu, kami buka dapur umum. Setidaknya untuk menyuplai makan malam warga,” terang Ram Surahman, Koordinator Posko Banjir.


Seperti diketahui, pada Minggu (13/12/2020), kawasan Gresik Selatan ini juga diterjang banjir. Waktu itu malah timbul korban jiwa. Salah satu siswa SMP warga desa Bulurejo Benjeng meninggal terseret arus. Dikatakan Ram, kali ini debit air lebih tinggi dari banjir sebelumnya. “Saya puluhan tahun tinggal di sini. Saya kira banjir pekan lalu yang terbesar. Ternyata, kali ini lebih besar lagi,” ujarnya.
Untuk sementara, Posko masih fokus dapur umum. Sembari itu, kata Ram, pihaknya juga masih menyisir ke beberapa desa yang membutuhkan tempat pengungsian. “Kami masih menyisir dulu. Jika diperlukan kami segera buka posko pengungsian juga,”ujarnya.


Aksi sosial ini juga sudah disampaikan ke Lazizmu Gresik untuk diteruskan ke MDMC Gresik. Sembari itu, posko juga membuka donasi. Baik berupa barang maupun uang. “Kami membuka donasi banjir. Sudah ada beberapa yang kami terima. Baik barang maupun uang. Mengingat besarnya banjir kali ini, kami membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari para dermawan guna meringankan beban saudara-saudara yang terkena musibah,” jelas Ram Surahman.


Untuk donasi berupa uang, bisa ditransfer ke rekening Lazismu Benjeng Bank Syariah Mandiri Nomor 7124285784. Selanjutnya bisa konfirmasi ke Ram Surahman di 08563360481. (Tik)

Related Articles

Leave a Comment