Menu

Mode Gelap
Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

Kabar WIB

Awali Semester Genap dengan Dongeng dan Menggambar


 Kak Komang saat mendongeng. (Foto: Tiar) Perbesar

Kak Komang saat mendongeng. (Foto: Tiar)

GIRImu.com – Seluruh siswa di Gresik memulai pembelajaran di semester genap, Senin (4/1/2021). Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, polanya dilakukan dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring (on line). Tentu, hal ini tak terkecuali di SD Muhammadiyah Kompleks Gresik.

#

Hari pertama bersekolah, siswa tidak langsung diberi materi pelajaran. Sekolah yang dikenal dengan sebutan SD Mugres ini mengadakan kegiatan dengan mengundang salah satu pelaku seni di Gresik. Masyarakat mengenalnya dengan panggilan Kak Komang, pelukis sekaligus piawai dalam mendongeng.

Kegiatan dengan tajuk “Mendongeng dan Menggambar bersama Kak Komang” ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 sampai 6 melalui aplikasi Zoom. Eka Meitasari, Kepala Urusan Kurikulum, mengungkapkan, sebelum masa pandemi, kegiatan dengan melibatkan guru tamu sebenarnya selalu dilakukan pada setiap pergantian semester.

“Meskipun sekarang anak-anak belajar dari rumah, kita tetap memberikan kegiatan hiburan dan edukatif yang bisa diikuti secara daring,” ujar Meita saat ditemui, Selasa (5/1/2021).

Kak Komang membawakan dongeng Islami. Judulnya ‘Balada Si Dodo’. Diceritakan, Dodo adalah anak yang tidak mampu secara ekonomi. Namun, karena keinginan yang kuat untuk menuntut ilmu, Dodo bisa bersekolah tanpa memikirkan biaya. Sekolah tempat Dodo belajar sangat membantu orang tua Dodo dalam hal biaya. Orang tua pun Dodo sangat bersyukur atas hal itu.

Alhamdulillah, semua anak sangat antusias mendengarkan cerita Si Dodo tadi,” kata Kak Komang.

Di akhir kegiatan, Kak Komang mengajak untuk menggambar ilustrasi dari dongeng yang sudah diceritakan. Kak Komang menuntun menggambar mulai dari membuat mata Dodo sampai membuat pemandangan di sekelilingnya. Ada hewan sapi, kambing, burung, dan monyet. Aksimenggambar semakin menarik ketika ditambahkan objek tanaman di sekitarnya.

Antusias siswa yang sangat tinggi dibuktikan dengan hasil gambar mereka. Salah satunya, El Finolya Putri, siswi kelas 3 SD Mugres. Ia mengaku senang diajari menggambar sampai bisa. Apalagi bimbingan Kak Komang mudah diikuti.

Dalam kegiatan ini, Kak Komang tak lupa untuk menyemangati semua siswa untuk tetap semangat menuntut ilmu, meskipun belajar dari rumah.

“Kalau ada waktu luang di sela pelajaran, dapat digunakan dengan belajar hal lain. Insya Allah, orang tua akan senang hati membimbing,” pungkas Kak Komang. (nur)

Kontributor: Nurindah Zamania

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru

4 December 2022 - 16:06 WIB

Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

3 December 2022 - 20:55 WIB

Hasil Muktamar 14 Nasyiatul Aisyiyah Harus Menguatkan Peradaban

30 November 2022 - 23:08 WIB

Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur

24 November 2022 - 13:51 WIB

Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat

21 November 2022 - 10:33 WIB

7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas

20 November 2022 - 06:27 WIB

Trending di #muktamar muhammadiyah aisyiyah 48