Menu

Mode Gelap
Pemilu Berjalan Sukses, PWPM Jateng Imbau Seluruh Pihak untuk Membawa Narasi Damai Cara Jualan Live TikTok Agar Banyak Pembeli Resmi Dilantik, Rektor UM Bandung Minta Para Warek Terus Lakukan Peningkatan Kualitas dan Transformasi Kampus Rekomendasi Jasa Pembuatan Hardbox di Bandung Talkshow PAI UM Bandung Beri Tips Seputar Pembentukan Karakter Siswa dan Guru

Gerak WIB

25 Guru PCM Gresik Siap Jadi Mubaligh Ramadhan


 25 Guru PCM Gresik Siap Jadi Mubaligh Ramadhan Perbesar

Pelatihan Mubaligh dan Mubalighot Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gresik (Gresik, Selasa – Kamis, 2-5 Maret 2021)

Permasalahan yang sering di hadapi di organisasi Muhammadiyah adalah kurangnya kader penerus persyarikatan, dan lebih khusus kurang nya kader mubaligh dan mubalighot Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Terlebih saat akan memasuki bulan Ramadhan, kebutuhan mubaligh dan mubalighot sangat banyak, mengingat musholla – musholla dan masjid yang di miliki oleh Muhammadiyah di setiap Ranting di cabang Gresik maupun cabang lainnya cukup banyak.

Demikian yang disampaikan bapak ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gresik, bapak Mukhtar Buchori dalam sambutannya membuka kegiatan Pelatihan Mubaligh dan Mubalighot di PCM Gresik (Selasa, 2 Maret 2021)

Permasalahan tersebut di jawab oleh Majelis Tabligh PCM Gresik yang bersinergi dengan Majelis Dikdasmen Gresik mengadakan pelatihan Mubaligh dan Mubalighot bagi guru-guru Ismuba dikompleks Perguruan Muhammadiyah Gresik

Pada acara Pembukaan, ketua Majelis Dikdasmen Gresik, Ir Subagiono menyampaikan harapannya juga harapan PCM Gresik dalam menyiapkan para muballigh dan mubalighot yang akan di terjunkan di mushola-mushola dan masjid Muhammadiyah terutama saat akan memasuki bulan Ramadhan yang biasanya banyak mengadakan kajian Islam atau pengajian.

Jadi, lanjut Yoyon, “Bulan Ramadhan nanti jangan ada lagi perkataan , kita kekurangan dai atau muballigh, ini ada kurang lebih 25 guru yang mengikuti pelatihan ini. Insya Allah sudah sangat cukup, apalagi bapak ibu guru ini kebanyakan guru Ismuba, jadi saya yakin dasar ilmu agamanya sudah kuat tinggal memoles sedikit Insya Allah sudah siap di terjunkan di masyarakat terutama dikalangan sendiri”.

Pelatihan Muballigh mubalighot berlangsung tiga hari diikuti bapak ibu guru dari SD Muhammadiyah Gresik (SD MUGRES) dan SMP Muhammadiyah 1 Gresik,
Dan sebagai Pemateri adalah Bapak Mukhtar Buchori ketua cabang Muhammadiyah Gresik.

Pak Tar, begitu panggilan akrab nya, meski usia tidak muda lagi tampak energik dan menarik membawakan materi tentang Retorika.

Para peserta juga antusias mengikuti pelatihan, walau terkadang terdengar tawa gerr geran saat menyaksikan tampilan para peserta praktek menjadi seorang da’i.

Semua peserta wajib tampil tausyiyah membawakan sebuah tema dengan ketentuan wajib didasari minimal dengan satu surat dalam Al-Qur’an dan keterangan satu hadist.

Pelatihan di era Pandemi ini tetap menerapkan Prokes (protokol kesehatan) dan memastikan para peserta dalam keadaan sehat saat mengikuti pelatihan Muballigh ini.

*Lilik Isnawati

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Audiensi ke Lazismu, IPM Gresik Siap Jadi Relawan ke Pelosok Desa

28 February 2024 - 00:35 WIB

Safari Subuh di Ranting Sidowungu, Wakil Ketua PDM Anas Thohir: Jangan Sampai Ada Organisasinya, Tapi Tidak Berkegiatan

25 February 2024 - 21:13 WIB

IMM Gresik Membumikan Gerakan Intelektual Melalui Forum Keprofetikkan

24 February 2024 - 23:22 WIB

Muhammadiyah Serahkan Alat Medis kepada Rumah Sakit Palestina di Mesir

31 January 2024 - 16:49 WIB

Beribadah Berkelanjutan Kajian Anjangsana PCM Benjeng

30 January 2024 - 12:16 WIB

EMT Muhammadiyah Buat Peta Jalan Masuk Palestina

28 January 2024 - 14:39 WIB

Trending di Gerak