Home Gerak Mulai Hari Ini, Muhammadiyah Gresik Vaksin Kadernya di Gedung Dakwah

Mulai Hari Ini, Muhammadiyah Gresik Vaksin Kadernya di Gedung Dakwah

by Hartoko

GIRImu.com – Sebanyak 80 personel kader Muhammadiyah di jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) dan organisasi otonom (Ortom)-nya menjalani vaksinasi di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) di kompleks Perumahan Bunder Asri Gresik , Kamis (11/3/2021) hari ini. Muhammadiyah sebenarnya menyiapkan 150 kadernya untuk divaksin tahap pertama ini, namun kuota yang diberikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik baru untuk 80 orang.

“Sebetulnya yang kami ajukan ke Dinas Kesehatan Cuma 100 orang, tapi yang mendaftar di luar dugaan, lebih dari 150 orang. Itu pun sudah kami stop pendaftarannya karena animomya sangat besar,” ujar Sekretaris MCCC Gresik, Muhammad Harun, saat persiapan vaksinasi di GDM, Kamis (11/3/2021).

Dikatakan, jumlah pendaftar vaksinasi yang mencapai 150 orang lebih itu sudah dikonsuktasikan ke Dinkes Gresik dari 100 orang yang diajukan sebelumnya. Namun, Dinkes ternyata baru bisa mengakomodasi –untuk tahap I ini — sebanyak 80 orang.

“Kami sih berharap, semuanya bisa terakomodasi. Tapi karena yang harus dikaver Dinkes juga banyak, kami baru mendapat quota untuk 80 orang. Ya, karena yang daftar 150 orang, mau tidak mau mesti ada seleksi,” kata Harun, seraya menambahkan, di antara parameter yang dijadikan acuan seleksi adalah, calon peserta vaksinasi harus ber-KTP Gresik.

Tentang sasaran vaksinasi, sambung Harun, selain dari jajaran PDM dan unsur pembantu PDM dan Ortomnya, serta cabang di kecamatan-kecamatan, juga melibatkan jajaran Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Gresik. Ia pastikan, jumlah peserta vaksinasi akan terus bertambah, karena pada tahap pertama ini, targetnya baru unsur pimpinan dan anggota PDM/PDA.

Sementara Ketua MCCC Gresik, Hilmi Aziz,menambahkan, warga Muhammadiyah Gresik, sebagaimana arahan Pimpinan Pusat dan Pimpinan Wilayah (PWM Jatim, Red) mendukung dan siap berpartisipasi menyukseskan program vaksinasi. Hal itu sebagai upaya memaksimalkan penanganan pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir.

“Tidak hanya dukungan moril, tetapi sekaligus partisipasi sebagai peserta vaksin. Kami sudah sosialisasi ke cabang-cabang akan menyukseskan vaksinasi ini,” ujar Hilmi.

Dikatakan, PDM Gresik, melalui MCCC siap mengawal pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya meminimalkan penyebaran Covid-19 di masyarakat. Karena itu, pihaknya terus menyosialisasikan vaksinasi, termasuk kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan, hingga ke tingkat ranting (desa).

“Sudah menjadi komitmen Muhammadiyah untuk mendukung program pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19,” tandasnya. (sto)

Related Articles

Leave a Comment