Home Kabar Outing Virtual Thematic, Terobosan Pembelajaran SD Almadany di Masa Pandemi

Outing Virtual Thematic, Terobosan Pembelajaran SD Almadany di Masa Pandemi

by Hartoko

GIRImu.com – Keterbatasan komunikasi langsung (verbal) akibat pandemi Covid-19, tak membuat para pendidik SD Alam Muhammadiyah Kedanyang (SD Almadany) Kebomas, Gresik menjadi loyo. Sebaliknya, kreativitas dan ide-ide segar mereka justru terpacu untuk melakukan langkah-langkah terobosan pembelajaran.

Kali ini, terobosan baru kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring outdoor yang diberi nama “Outing Virtual Thematic” (OVT). Seperti dilakukan Rabu (10/3/2021) lalu. Dengan menggunakan setting lokasi di kebun sekolah SD Almadany, digelar kegiatan tersebut dengan tema pembelajaran merawat tumbuhan dan binatang peliharaan.

OVT ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 2 dengan jargon para petualang Brosem (Bromo dan Semeru), masing-masing diambil dari nama kelas mereka. Tak lupa dua guru kelas kesayangan, yakni Ustadza LIlis (kelas Bromo) dan Ustadza Lidya (kelas Semeru) memimpin jalannya OVT ini selama 60 menit.

Keunikan pun muncul di sesi ini. Biasanya kegiatan daring hanya melibatkan guru dan siswa. Kali ini ditemani tumbuhan dan binatang peliharaan. Dua guru kesayangan mereka ditemani si kunyit dan si pole, si kura-kura dan si ikan cupang. Sedangkan para siswa bersama satu tumbuhan atau satu binatang peliharaannya ada aglonema, jahe, sawi, ikan hias, burung lovebird, kelinci dll.

Rangkaian kegiatan pendukung telah dilakukan para siswa sebelum mengikuti Outing Virtual Tematik ini. Di antaranya, mereka merawat tumbuhan dan hewan peliharaan yang dimiliki di rumah masing-masing. Selain itu, mereka membuat twibbonze caring plant and pet untuk kampanye kepedulian terhadap alam sekitar. Selanjutnya, mereka membuat video dalam durasi 60 detik untuk mempresentasikan tumbuhan atau binatang peliharaan yang mereka miliki.

Kepala SD Almadany, Drs A.H. Nurhasan Anwar, MPd mengungkapkan, kegiatan unik ini dilaksanakan untuk memperkuat pembelajaran aplikatif para siswa agar lebih peduli dengan makhluk ciptaan Allah. Kepeduluan ini terasa lebih kental dalam situasi yang terbatas karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan Outing Virtual Thematic ini juga merupakan kreativitas baru untuk menciptakan keberagaman aktifitas secara mandiri bagi para siswa, baik di rumah maupun di lingkungan sekitar,” ujarnya.

Interactive Session
Ustadza Maulidya Firdausi yang biasa disapa Ustadzah Lidya menjelaskan rundown kegiatan ini dipenuhi dengan interactive session. Tujuannya, memberi kesempatan setiap siswa untuk tampil berani di depan semua teman dan guru secara virtual ketika mempresentasikan satu tumbuhan atau binatang peliharaannya.

Ada yang lebih menarik lagi, saat mereka melakukan OVT ini ada yang di kebun, di halaman rumah, bahkan ada yang di taman kota dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Para siswa sangat lucu dan ekspresif ketika bercerita. Contohnya ananda Khansa .

“Saya punya dua kura-kura, Ustadza. Namanya Toro dan Tari,” celotehnya dengan ceria.

Lalu ada lagi ananda Delvin. Ia bilang, “Kelinciku sudah besar teman-teman. Siapa yang mau berkenalan?” tanya Delvin dengan penuh semangat.

Di akhir acara, ada kuiz interaktif, sehingga para siswa bertambah antusias dan tidak ingin kegiatan Outing Virtual ini segera selesai. kegiatan OVT ini nantinya akan menjadi variasi baru kegiatan pembelajarn daring di SD Almadany. Diharapkan, OVT ini mampu memotivasi sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan para siswa.

“Semoga dengan adanya OVT ini dapat menambah wawasan dan menjadi moodbooster bagi semua siswa,” imbuhnya. (*)

Kontributor: Lilis Setyawati 

Related Articles

Leave a Comment