Menu

Mode Gelap
Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

Kabar WIB

Yang Unik di SD Almadany, Halbilnya Melibatkan Tanaman di Kebun Sekolah


 Yang Unik di SD Almadany, Halbilnya Melibatkan Tanaman di Kebun Sekolah Perbesar

GIRImu.com – Masa pandemi yang belum berlalu memaksa keluarga besar SD Alam Muhammadiyah Kedanyang (SD Almadany) Kebos, Gresik ber-halal bi halal secara virtual. Uniknya, halal bi halal tidak saja melibatkan para guru dan murid-muridnya, tetapi sekaligus aneka tanaman yang ada di sekitar sekolah di Perum GKGA Kedanyang itu. Lho, kok bisa?

#

Keunikan inilah yang terjadi saat halal bi halal (halbil) digelar, Selasa (25/5/2021). Para guru atau ustadz dan ustadzah SD Almadany nampak ceria menyambut pagi yang indah pada pelaksanaan halbil virtual melalui Zoom Clouds Meeting. Edaran Dinas Pendidikan Kab. Gresik, 19 Mei 2021 tentang penundaan pertemuan tatap muka, berkosekuensi pada pelaksanaan halbil yang semula direncanakan secara tatap muka, diubah konsepnya menjadi vitual.

Pertama, acara dibuka dengan menyapa setiap peserta, yakni dari kelas 1 Bulan dan Kelas 1 Bintang, dipandu oleh Ustadzah Izza Novitasari dan guru kelas Ustazdah Aini dan Ustadzah Eli berjaan dengan lancar. Nampak anak-anak antusias menyimak acara demi acara. Maklum, anak-anak sudah tidak bertemu kurang lebih dua minggu dengan para ustadz dan ustadzah mereka karena libur hari raya Idul Fitri.

Kepala SD Almadany, A.H. Nurhasan Anwar, berpesan agar anak-anak tetap bersemangat beribadah dan belajar, meski dalam suasana pandemi. Ia juga berpesan agar setiap aktivitas yang dilalukan tetap menjaga kesehatan serta ketentuan protokol kesehatan. Tak klah pentingnya, mereka terus berdoa agar pandemi segera berakhir dan kehidupan berjalan normal kembali, sehingga bisa bersekolah seperti sedia kala.

Yang unik, halbil ini dilakukan dengan berkeliling menghampiri tiap ustadz dan ustadzah di ruang yang berbeda, semacam dilakukan dengan video blogging atau lebih populer dengan istilah nge-vlog. Saat halbil berlangsung, para ustadz dan ustadzah sudah aktif bekerja di ruang masing-masing. Tanpa mengurangi hikmah silaturrahim dan halbil, even virtual berjalan lancar sesuai harapan.

Setelah berkeliling melakukan halbil bersama ustadz dan ustadzah, yang unik pada halbil SD Almadany kali ini, ternyata juga dilakukan halbil dengan aneka tanaman yang ada di kebun sekolah. Ustadzah Izza mengarahkan kamera androidnya ke arah tanaman-tanaman yang ada di kebun SD Almadany dan nampaklah Ustazdah Eli tengah menyirami sejumlah tanaman. Ia juga memberikan penjelasan singkat tentang bagaimana cara merawat tanaman, seperti memberikan pupuk dan menghilangkan gulma atau tanaman penganggu di sekitar tanaman utama. (eli)

Kontributor: Eli Syarifah

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru

4 December 2022 - 16:06 WIB

Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

3 December 2022 - 20:55 WIB

Hasil Muktamar 14 Nasyiatul Aisyiyah Harus Menguatkan Peradaban

30 November 2022 - 23:08 WIB

Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur

24 November 2022 - 13:51 WIB

Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat

21 November 2022 - 10:33 WIB

7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas

20 November 2022 - 06:27 WIB

Trending di #muktamar muhammadiyah aisyiyah 48