Menu

Mode Gelap
Pemilu Berjalan Sukses, PWPM Jateng Imbau Seluruh Pihak untuk Membawa Narasi Damai Cara Jualan Live TikTok Agar Banyak Pembeli Resmi Dilantik, Rektor UM Bandung Minta Para Warek Terus Lakukan Peningkatan Kualitas dan Transformasi Kampus Rekomendasi Jasa Pembuatan Hardbox di Bandung Talkshow PAI UM Bandung Beri Tips Seputar Pembentukan Karakter Siswa dan Guru

Gerak WIB

39 Relawan Nakes Universitas Aisyiyah Dikirim Ke RSUP dr Sardjito


 39 Relawan Nakes Universitas Aisyiyah Dikirim Ke RSUP dr Sardjito Perbesar

Yogyakarta,   Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta hari ini mengirimkan 32 mahasiswa keperawatan dan 7 alumni jurusan kebidanan untuk menjadi relawan di RSUP dr. Sardjito, Yogyakarta.

Wakil Dekan 3 Bidang Mahasiswa dan Kerjasama Fikes Unisa, Wantonoro, mengaku pihaknya mendapat kepercayaan untuk mengirimkan relawan kesehatan ke RSUP dr Sardjito.

“Pihak RSUP dr. Sardjito menghubungi Fakultas Ilmu Kesehatan melalui Wakil Dekan 2, Bu Suratini, pada Minggu Pagi (04/07) dan meminta dukungan pengiriman relawan tenaga kesehatan yang terdiri atas ners dan bidan.  Memenuhi permintaan tersebut, pagi ini kami berkoordinasi dengan RSUP dr. Sardjito dan untuk mendampingi relawan dari Unisa” kata Wantonoro.

Ke-32 mahasiswa keperawatan tersebut, menurut Wantonoro berasal dari mahasiswa Program Pendidikan Profesi Ners Fikes Unisa yang telah selesai menempuh praktik klinik dan rencana akan mengikuti uji kompetensi pada bulan Agustus 2021 mendatang. Sedangkan untuk jurusan kebidanan 4 dari D4 (3 lulus 2020, 1 lulus 2019) 3 dari D3 lulus 2020.

“Semuanya berdomisili di Yogyakarta dan sudah mendapatkan ijin dari orang tua masing-masing. Setelah penyerahan tadi, dilanjutkan dengan wawancara dan penyerahan dokumen,” imbuhnya.
Wantonoro di akhir keterangannya menyatakan kesiapan Unisa dalam memberi dukungan serupa untuk Rumah Sakit Muhammadiyah Aisyiyah. “Prinsipnya kami siap menawarkan kepada mahasiswa, meski tentu sesuai dengan kerelaan dan ijin dari orang tua mereka,” pungkasnya.

Wakil Dekan 2 Fikes Unisa, Suratini,  menceritakan awal kronologi pengiriman tenaga relawan ke RSUP dr. Sardjito. “Kami menerima permintaan dari Sardjito melalui telpon pada hari Minggu siang dari Pak Purwo Atmanto Sub Koordinator bagian SDM RSUP dr Sardjito,” tuturnya.

Menurut Suratini, pengiriman relawan sudah dilakukan koordinasi di internal Unisa. “Kami melakukan koordinasi dengan fakultas dan rektorat, diputuskan untuk mensuport relawan ke  RSUP dr. Sardjito. Lalu kami berkoordinasi dengan kaprodi keperawatan dan kebidanan untuk menawarkan kepada calon ners serta alumni bidan yang sanggup dan mendapatkan ijin orang tua untuk persiapan berangkat,” ungkapnya.

Dalam beberapa hari terakhir, memang terjadi lonjakan pasien di hampir semua rumah sakit di Yogyakata  dan melebihi kapasitas pelayanan yang ada, termasuk di RSUP dr. Sardjito. Berdasarkan informasi yang beredar, RSUP dr. Sardjito mengalami lonjakan pasien Covid-19 sejak Jum’at (02/07) dan sempat mengalami krisis pasokan oksigen dari vendor.

Atas kondisi tersebut, RSUP dr. Sardjito sempat membuka donasi dan rekruitmen tenaga relawan pada Minggu (04/07) siang meski kemudian sudah ditutup. (Rl)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Audiensi ke Lazismu, IPM Gresik Siap Jadi Relawan ke Pelosok Desa

28 February 2024 - 00:35 WIB

Safari Subuh di Ranting Sidowungu, Wakil Ketua PDM Anas Thohir: Jangan Sampai Ada Organisasinya, Tapi Tidak Berkegiatan

25 February 2024 - 21:13 WIB

IMM Gresik Membumikan Gerakan Intelektual Melalui Forum Keprofetikkan

24 February 2024 - 23:22 WIB

Muhammadiyah Serahkan Alat Medis kepada Rumah Sakit Palestina di Mesir

31 January 2024 - 16:49 WIB

Beribadah Berkelanjutan Kajian Anjangsana PCM Benjeng

30 January 2024 - 12:16 WIB

EMT Muhammadiyah Buat Peta Jalan Masuk Palestina

28 January 2024 - 14:39 WIB

Trending di Gerak