Home Wawasan Belajar Pada Cempe

Belajar Pada Cempe

by Akhmad Sutikhon

Hanya sebotol susu itu yang kita berikan kepada cempe (anak kambing) yang ada di D’Kandang Sawangan, Depok.

Rombongan melanjutkan perjalanan me-lihat-lihat hampir obyek yang ada di D’Kandang, tentu sangat mengasyikkan apalagi tempatnya memang di design untuk eduwisata.

Yang menjadi perhatian kami saat itu ternyata si cempe tadi  ngikuuuut  kemana kita pergi, bahasa Jawanya itu ‘nggelibet’ aja ke kita.

Si Cempe menjadi pengikut setia kita, karena kemanapun kita berjalan dia ikut saja, kemana kita pergi dia selalu membututi. bahasa kerennya follower setia kita.

Si anak kambing rupanya merasa nyaman dekat dengan kita karena sebuah pemberian yaitu susu, susu tentu sangat vital & sangat dibutuhkan oleh dia, sangat bermanfaat untuk si cempe kambing kecil yang butuh nutrisi banyak.

Sahabat, terkait perjuangan dakwah kita….bagaimana kalau kita mengedepankan pemberian- pemberian kepada umat, pemberian kebermanfaatan demi kebermanfaatan kepada masyarakat apalagi di saat pandemi seperti ini.

Pemberian yang sangat mereka butuhkan, yang tentu tidak harus selalu uang – materi atau harta karena intinya pemberian itu haruslah sesuatu yang sangat bermanfaat kpd mereka, sesuatu yg sangat mereka butuhkan pada saat itu.

Mari terus kita perbanyak pemberian-penberian kebermanfaatan itu dan mari kita lihat bersama Apa Jadinya. Apa Hasilnya.

Sahabat, sudah semestinya begitu juga sikap laku kita kepada Tuhan, bukankah semua yang ada  pada kita adalah given – karunia Allah, hadzaa min fadhli rabbii, semuanya pemberian gratis dari Allah SWT.

Tapi coba kita lihat apakah melahirkan sikap laku kesetiaan kepada yang memberi, ketulus ikhlasan untuk ikut taat & setia kepada yang memberi semua ini yaitu Allah SWT, seperti halnya cempe (si anak kambing) yang hanya dengan pemberian susu se botol saja dia ikut kemana saja si pemberi susu pergi, si pemberi berjalan dia selalu dibelakangnya.

Boleh kan sesekali kita belajar kepada makhluk yg kita anggap lebih rendah derajatnya dari kita, si anak kambing, untuk memacu diri ke depan lebih baik, lebih Sholih,
Tetap semangat berbagi dan tebar manfaat…
Bismillah.

Zainul Muslimin (Ketua Lazismu Jatim)

Related Articles

Leave a Comment