Home Kabar Sehari Bersama TNI Siswa SMKM 2 Benjeng Enjoy Banget

Sehari Bersama TNI Siswa SMKM 2 Benjeng Enjoy Banget

by Akhmad Sutikhon

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 diperingati oleh SMK Muhammadiyah 2 Benjeng dengan rangkaian acara yang padat bersama anggota TNI dari Koramil Benjeng.

Peringatan Hari Pahlawan ini diawali dengan Upacara Bendera di halaman sekolah yang dipimpin langsung oleh Komandan Koramil Benjeng Kapten Infantri Ahmad Salami. Dalam amanatnya, Danramil memberikan banyak motivasi kepada para siswa. Salah satunya adalah untuk selalu memiliki kedisiplinan dan rasa nasionalisme yang tinggi.

Selain itu, pria asal Madiun ini juga mengingatkan siswa untuk giat belajar di sekolah. “Pada Peringatan Hari Pahlawan kali ini saya berpesan agar kalian memiliki semangat yang tinggi untuk meneruskan perjuangan para pahlawan yang bertaruh nyawa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Teruskan perjuangan dengan menjadi pahlawan-pahlawan masa kini dengan giat belajar dan mengukir prestasi setinggi mungkin. Dengan cara itulah kalian bisa mengisi kemerdekaan ini”, ujarnya dalam sambutan upacara di hadapan ratusan siswa SMK Muhammadiyah 2 Benjeng.

Pada upacara yang berlangsung hikmat ini, tampak para siswa yang hadir berbaris dengan tertib dan rapi. Terlebih, seminggu sebelumnya telah mendapatkan pembinaan kedisiplinan dan baris-berbaris dari anggota Koramil Benjeng Serka Supeno Hadi dan Serda Untung.

Siswa SMKM 2 Benjeng Silaturahmi ke Rumah Keluarga Veteran Kemerdekaan bersama anggota Koramil Benjeng

Setelah melaksanakan upacara bendera, acara selanjutnya adalah kegiatan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Desa Metatu Benjeng. Diikuti oleh beberapa siswa yang tergabung dalam Pasmuda (Paskibraka SMK Muda) dan Babinsa Desa Metatu, kegiatan ini berjalan dengan hikmat. Pada rangkaian acara tabur bunga tersebut, suasana seketika menjadi khusyuk ketika Bati Tuud Koramil Benjeng Peltu Moh. Imam Ahwan menyampaikan doa di depan makam para pahlawan. Para siswa dan guru yang hadir mengaku senang berkesempatan untuk berziarah dan berdoa di makam pahlawan tersebut.

Tepat jam 10.00 WIB, acara tabur bunga itupun selesai dan dilanjutkan dengan kegiatan Bakti Sosial Pembagian Masker oleh anggota Koramil Benjeng di Jalan Munggugianti Benjeng. Para siswa tampak antusias membantu anggota TNI tersebut dalam membagikan masker kepada pengguna jalan. “Pandemi ini belum berakhir, tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker ketika berkendara. Kita sangat tidak ingin angka penularan COVID-19 ini meningkat lagi di Gresik. Maka dari itu kami minta agar masyarakat tidak lengah dengan kondisi yang sudah relatif aman seperti sekarang ini”, ujar Peltu. Moh. Imam Ahwan menjelaskan maksud dan tujuan dari Baksos pembagian masker tersebut.

Setelah kegiatan itu selesai, acara terakhir peringatan Hari Pahlawan itu adalah bersilaturahmi ke veteran perang dan janda prajurit kemerdekaan. Selain bersilaturahmi, pada acara tersebut pihak sekolah juga memberikan bingkisan kepada para veteran. Bertempat di rumah Mbah Suki (Janda prajurit kemerdekaan), kegiatan itupun berjalan lancar dengan arahan Serda Lukman Arief selaku Babinsa Desa Munggugianti.

Dari pihak keluarga veteran, mereka berterima kasih kepada para siswa dan anggota Koramil Benjeng yang masih memiliki perhatian dan kepedulian kepada para veteran di kecamatan Benjeng. “Kami sangat bersyukur dengan adanya silaturrahmi ini. Mudah-mudahan generasi muda selalu mengingat pentingnya menghargai jasa para pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini” pungkas Dwi Kustiyah selaku perwakilan dari keluarga veteran kepada para siswa SMK Muhammadiyah 2 Benjeng. (Syuhud Immawan)

Related Articles

Leave a Comment