Home Gerak LazisMu Salurkan Beasiswa Secara Nasional

LazisMu Salurkan Beasiswa Secara Nasional

by Akhmad Sutikhon

launching beasiswa Mentari dan Sang LazisMu dilaksanakan di Ruang Pusat Syiar Digital Muhammadiyah kantor PP Muhammadiyah Jogja, menjelang shalat Jum’at, (22/11/ 2021.   
Acara dilaksanakan secara hybrid. Sebagian peserta hadir secara offline dan sebagian lainnya hadir online. Terutama penerima beasiswa.

Mereka berasal dari segala penjuru Nusantara. Dari Sumatera sampai Papua. Mereka juga dari ragam pemeluk agama.

Sebagai lembaga filantropi yang menghimpun dana umat Lazismu telah lama mendukung pendidikan bermutu (quality education). Pendidikan bermutu merupakan salah satu dari tujuh belas indikator SDG’s (Sustainable Development Goal) yang merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia.

Tujuannya mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan. Dalam hal ini Lazismu menyalurkan dana melalui beragam program di bawah pilar pendidikan.

Di antaranya Save Our School (SOS), Bakti Guru, serta Beasiswa Mentari dan Beasiswa Sang Surya.

Dalam penghimpunan dananya Lazismu melibatkan donatur yang turut peduli dalam bidang pendidikan. Salah satunya adalah Bank Mega Syariah (BMS).

Pada periode-2 tahun 2021 ini Lazismu menyalurkan Beasiswa Mentari dan Sang Surya untuk 500 penerima manfaat. Mereka terdiri dari 250 Siswa SD-SMP-SMA dan 250 mahasiswa.

Secara khusus SMK Labschool UAD yang berada di Sambas Kalimantan Barat menerima dana Rp. 200 juta untuk 20 siswa mereka. Total dana yang disalurkan Rp. 857 juta.

Sementara itu 18 guru dari Labschool UAD ini juga sebagai penerima program Lazismu lainnya yaitu Bakti Guru 2020. Dana yang disalurkan berasal dari zakat dan infak yang dihimpun Lazismu Rp. 381 juta, zakat Bank Permata Syariah Rp. 216 juta, dan zakat BMS Rp. 260 juta.

Muhammad Sabeth Abilawa, Dirut Lazismu menyampaikan antusiasme masyarakat untuk Beasiswa Lazismu ini sangat tinggi setiap periodenya. Pada periode ini pemohon yang masuk sebanyak 18.175 orang. Sedangkan kapasitas Lazismu untuk memenuhinya terbatas hanya untuk 500 orang.

Acara launching beasiswa ini dihadiri Lazismu Pusat, pihak Bank Mega Syariah, serta para penerima beasiswa.

Dirut Lazismu Sabeth Abilawa mewakili manajemen Lazismu mangucapkan selamat dan berharap penerima memanfaatkan sebaik-baiknya beasiswa ini. Mereka diminta menjaga nama baik dan menjadi duta Islam berkemajuan.

“Tetap menjadi seperti sang surya dan mentari yang senantiasa mencerahkan, menyinari, dan memberi enegri. Penerima hendaknya terus bersemangat dan memberi kemanfaatan kepada umat, bisa membanggakan bagi keluarga,” ucap Sabeth Abilawa

Bank Mega Syariah (BMS) diwakili kepala divisi Corporate Secretary Ratna Wahyuni, Berterima kasih kepada Lazismu yang telah memfasilitasi kegiatan pentasyarufan.

Ratna juga berharap beasiswa sebagai tanggung jawab sosial perusahaannya ini dapat memberi manfaat sebaik-baiknya bagi seluruh penerimanya.

” Kami mohon doa semoga BMS dapat terus berkembang dan menjadi lebih besar. Dengan begitu dapat memberi manfaat lebih banyak bagi seluruh rakyat Indonesia. Khususnya kepada masyarakat muslim.” Pinta  Ratna Wahyuni. (Tiko)

Related Articles

Leave a Comment