Menu

Mode Gelap
Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

Gerak WIB

IPM SMP Muhammadiyah 4 Kebomas Gembleng Latsar Kepemimpinan


 Para peserta LDKS saat giat bersama. (Foto: Erna Hidayati) Perbesar

Para peserta LDKS saat giat bersama. (Foto: Erna Hidayati)

GIRImu.com — Pengurus baru Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMP Muhammadiyah 4 (Spemupat) Kebomas, Gresik mengikuti gemblengan khusus dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Pelatihan selama dua hari ini dihelat di komplek perguruan Giri ini, Jumat-Sabtu (19-20/11/2021).

#

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, Jumat (19/11/2021), yang dihadiri oleh peserta LDKS (pengurus IPM baru) dan pengurus lama yang berjumlah sekitar 30 siswa. Hadir juga dalam prosesi pembukaan itu, kepala sekolah dan dewan guru Spemupat. LDKS merupakan pembekalan khusus yang diberikan kepada pengurus IPM sebagai bekal sebelum menjalankan roda organisasi.

Usai prosesi pembukaan, materi pertama disampaikan perwakilan IPM Cabang Kebomas, yakni Roisyah Zulianti dengan teema seputar kepimpinan. Roisyah menjelaskan, seorang pemimpin itu berbeda dengan bos. Seorang pemimpin, katanya, harus bisa memotivasi dan mengajak anggotanya untuk mencapai tujuan organisasinya, bukan hanya menyuruh-nyuruh saja.

Setelah mendapat materi pertama, peserta melakukan salat Maghrib secara berjamaag dan dilanjutkan dengan pengajian. Pembekalan khusus dilanjutkan dengan materi dari IPM Daerah Kabupaten Gresik, Azlan. Dipaparkan, seorang pemimpin harus memiliki sifat-sifat kepemimpinan. Apa saja sifat-sifat yang ia maksudkan?

“Di antaranya, berkata jujur, bisa menyimpan rahasia, menepati janji, mau memberikan nasihat atau saling mengingatkan, dan yang terakhir dapat menunaikan amanah,” jelasnya.

Materi kedua berakhir hingga Jumat malam. Usai istirahat (tidur), peserta LDKS harus mengikuti salat Tahajud di masjid dan dilanjutkan salat subuh berjamaah. Paginya mereka berolah raga bersama di lapangan setelah sarapan pagi kemudian bersih-bersih dan mandi pagi.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Mahbub Junaidi, berharap anggota IPM yang baru atau para peserta LDKS ini mampu membuat dan melaksanakan program-program yang berorientasi pada kepentingan sosial dan pelestarian lingkungan. Hal itu dimaksudkan agar IPM memberikan kontribusi positif, tidak saja kepada dirinya dan lingkungan sekolah, tetapi juga bagi masyarakat sekitar. (ern)

Kontributor: Erna Hidayati, SMP Muhammadiyah 4 Kebomas, Gresik.

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur

5 December 2022 - 17:54 WIB

MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru

4 December 2022 - 16:06 WIB

PRA Bolon Colomadu Bikinkan Sarapan Penggembira Muktamar 48

17 November 2022 - 13:35 WIB

PCIM Pakistan Dan LazisMu Salurkan Bantuan Untuk Penyintas Banjir

11 October 2022 - 22:15 WIB

Digitalisasi Dakwah, LDK Jatim Gelar Bimtek Dai Komunitas

27 August 2022 - 22:50 WIB

Sekolah Non Muslim Di Solo Siap Tampung Penggembira Muktamar 48

24 August 2022 - 06:05 WIB

Trending di Gerak