Home Gerak Rayakan Milad 109 PDM Sidoarjo Borong 35 PKL

Rayakan Milad 109 PDM Sidoarjo Borong 35 PKL

by Akhmad Sutikhon

Merayakan Milad Muhammadiyah 109 tahun banyak diisi dengan kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat. Diantaranya borong dagangan dan makan gratis seperti yang dilakukan PDM dan PDA Sidoarjo.

Ratusan warga memadati  komplek Perguruan Muhammadiyah Sidoarjo. Mereka antre dengan tertib di beberapa depan gerobak penjual makanan. Mereka,  adalah para PKL yang biasa menjajakan dagangannya di sepanjang Jalan Mojopahit, dekat komplek Perguruan Muhammadiyah Sidoarjo.

Makanan yang disajikan diantaranya sate ayam dan kambing, soto ayam, nasi pecel, nasi uduk, hingga STMJ berjejer dan disambut masyarakat dengan antusias.

Ketua panitia Imam Mahfudzi mengatakan, ada dua tujuan dari kegiatan Makan Gratis Tebas Dagangan PKL ini. “Pertama, kita ingin memperkenalkan pada masyarakat tentang Muhammadiyah. Kedua, kita juga ingin memberikan support pada masyarakat melalui sarapan pagi,” ujarnya.

Dengan cara itu, lanjutnya, Muhammadiyah, Aisyiyah, dan Ortom Sidoarjo bisa akrab dengan masyarakat, dengan PKL. “Karena para PKL itu kan sering dipinggirkan. Ini adalah salah satu support dengan menebas makanan mereka, walaupun terbatas, sehingga bisa langsung bisa dimanfaatkan,” jelasnya.

Sementara itu ketua PD Aisyiyah Sidoarjo Siti Zubaidah
Mengatakan bahwa  Muhammadiyah-Aisyiyah Sidoarjo sangat menginginkan agar para PKL tersebut tidak selalu dipinggirkan. “Maka bagaimana upaya mereka itu supaya bisa bangkit dalam rangka untuk tampil standar dan tempatnya representatif. Maka dari itu Muhammadiyah Aisyiyah selalu memikirkan pedagang kecil itu, bagaimana upaya meningkatkan kualitas mereka dalam berdagang,” paparnya.

Untuk jumlah PKL, sambung dia, yang digandeng dalam kegiatan tersebut totalnya ada 35. “Ada 20 di dalam dan lima di luar. Untuk titik yang ada di luar, itu bersifat kondisional. Karena kita juga merasa khawatir jika sudah kita booking kemudian ada obrakan, nanti jadi fatal. PKL jadi nggak enak, kita yang nebas juga ga enak,” ungkapnya.

Sementara itu ketua PD Muhammadiyah Zainul Muslimin berharap kegiatan borong rombong dan makan gratis bisa bermanfaat dan berkelanjutan.

“Semoga bisa bermanfaat dan menjadikan PKL tersenyum” harap Zainul Muslimin singkat. (Tik)

Related Articles

Leave a Comment