Home » Ketua LAZISMU PP Muhammadiyah Datangi Peyintas Erupsi Semeru Pastikan Donasi Tepat Sasaran

Ketua LAZISMU PP Muhammadiyah Datangi Peyintas Erupsi Semeru Pastikan Donasi Tepat Sasaran

by Akhmad Sutikhon

Ketua LazisMu PP Muhammadiyah Dr. Mahli Zainuddin menyerahkan secara simbolis bantuan family kit kepada warga Kali Lengkong oro oro Ombo Pronojiwo Lumajang. Sabtu, (25/12/2021).

Bantuan ini merupakan paket bantuan untuk keluarga Peyintas erupsi Semeru.

Muhammadiyah disaster management center (MDMC) saat ini telah menyiapkan 700 paket family kit yang akan dibagikan secara bergelombang kepada penyintas erupsi Semeru.

Family kit di dalamnya berisi peralatan dapur, selimut, sembako, obat-obatan non resep dokter, dan peralatan mandi.

Kehadiran ketua lazismu pusat Dr. Mahli Zainuddin ke lokasi erupsi Semeru untuk memastikan bahwa bantuan yang dikoordinasi oleh lazismu dan di distribusikan oleh MDMC telah tepat sasaran.

“Kita ke Lumajang ini dalam rangka silaturahim dengan relawan MDMC untuk memberi semangat dan juga untuk memastikan bahwa bantuan yang di koordinasi oleh lazismu telah sampai dan tepat sasaran bagi penyintas erupsi Semeru.” Ujar Mahli saat di desa Oro-oro Ombo Pronojiwo Lumajang.

Mahli Zainuddin mengunjungi gudang logistik MDMC yang berada di perguruan Muhammadiyah kabupaten Lumajang serta mengunjungi posko psikososial yang didirikan oleh MDMC dan dikelola oleh mahasiswa fakultas psikologi universitas Muhammadiyah Malang.

Mahli juga asik berbincang santai dengan anak-anak penyintas erupsi Semeru dan sesekali ikut menikmati permainan bersama mereka.

“Saya senang melihat anak-anak di sini terhibur dengan kegiatan psikososial yang dilakukan oleh temen-temen MDMC, semoga trauma yang terjadi pada anak-anak ini bisa segera hilang Dan mereka bisa ceria lagi” ujar Mahli.

Saat ini mdmc mempunyai dua pos koordinasi untuk respon erupsi gunung Semeru, pas pertama berada di kantor PDM Lumajang dan pos kedua berada di sumber Urip Pronojiwo Lumajang.

MDMC hingga berita ini ditulis telah mendistribusikan 3221 paket logistik, melakukan pelayanan kesehatan kepada 1777 jiwa, serta telah menyiapkan 10314 paket makanan siap saji yang telah didistribusikan kepada penyintas erupsi Semeru dan relawan yang berada di lapangan.

Lazismu saat ini terus melakukan penggalangan donasi untuk penyintas erupsi Semeru karena masih akan membangun 200 unit hunian tetap bagi penyintas erupsi Semeru.

“Karena ini akan membutuhkan dana yang besar maka bagi para dermawan segera mendonasikan kepada lazismu hanya berupa uang tidak barang karena logistik yang ada di Lumajang masih mencukupi untuk kebutuhan hidup penyintas erupsi Semeru hingga 3 bulan kedepan” terang Mahli. (Tik)

Related Articles

Leave a Comment