Menu

Mode Gelap
Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

Gerak WIB

Sekolah Muhammadiyah Di Australia Resmi Berdiri


 Sekolah Muhammadiyah Di Australia Resmi Berdiri Perbesar

Sekolah Muhammadiyah di Australia akhirnya terwujud. Sekolah baru ini masih setingkat sekolah dasar dan menjadi yang pertama sekolah Muhammadiyah di luar negeri.

#

Menurut Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agung Danarto, ini diawali dengan keputusan Muktamar Muhammadiyah di Makassar. Dimana diputuskan untuk mengembangkan Muhammadiyah hingga ke luar negeri atau sering disebut sebagai internasional Muhammadiyah.

Ketua Tim Pendiri, Dahlan Rais, mengatakan bahwa pendirian sekolah ini menjalani proses yang panjang. Terjadi pasang surut dan bahkan hampir saja terjadi putus asa. Namun berkat kerja keras tim dan kekompakan pengurus Muhammadiyah Australia, akhir izin resmi sudah diterima. Izin diberikan oleh Departemen Pendidikan Negara Bagian Victoria di Melbourne.

Ditambahkannya bahwa itulah sebabnya, Muhammadiyah sangat bersyukur atas pencapaian ini. Muhammadiyah membagi kebahagian dan kegembiraan kepada seluruh elemen bangsa.

Menurut mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah ini, sekolah ini akan mengajarkan dua kebudayaan, yakni kebudayaan Indonesia dan Kebudayaan Barat. Selain untuk warga Indonesia yang bermukim di Australia, sekolah ini juga menerima murid dari berbagai kalangan lainnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan bahwa pendirian sekolah ini adalah wujud dari usaha Muhammadiyah membangun peradaban. Sebab membangun peradaban perlu diaplikasikan dalam bentuk amal usaha sebagaimana menjadi ciri khas Persyarikatan Muhammadiyah.

izin operasional sekolah Muhammadiyah di Australia dengan nama Muhammadiyah Australia College(mac) di 1-3 Killarney Drive Melton Victoria Australia dari Pemerintah Australia melalui Victorian Registration and Qualifications Authority (VRQA) Department Education Victoria tanggal 21 Desember 2021.

Sesuai izin yang diterbitkan oleh VRQA Department Education Victoria, MAC adalah sekolah dengan jenis Primary/Co-educational, yaitu dari jenjang taman kanak-kanak sampai ekolah dasar.

Pendirian MAC melengkapi babak baru komitmen Muhammadiyah untuk membangun peradaban bersama yang mencerahkan di bawah panji Islam Berkemajuan yang berwawasan raḥmatan lil-‘ālamīn di dunia internasional melalui program internasionalisasi Muhammadiyah.

Pendirian MAC ini dimaksudkan sebagai perluasan gerakan mencerdaskan kehidupan bangsa dan pengembangan pendidikan di ranah global yang berfungsi strategis mewujudkan kemajuan dan persatuan antarbangsa.

Dengan adanya sekolah ini, Muhammadiyah sudah memasuki babak baru. Amal usaha Muhammadiyah sudah berdiri di berbagai negara, mulai dari Malaysia, Mesir dan sekarang berada di Australia. (Haidir Fitra Siagian/suara Muhammadiyah)

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur

5 December 2022 - 17:54 WIB

MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru

4 December 2022 - 16:06 WIB

Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

3 December 2022 - 20:55 WIB

Hasil Muktamar 14 Nasyiatul Aisyiyah Harus Menguatkan Peradaban

30 November 2022 - 23:08 WIB

Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur

24 November 2022 - 13:51 WIB

Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat

21 November 2022 - 10:33 WIB

Trending di #muktamar muhammadiyah aisyiyah 48