Menu

Mode Gelap
PKM Center UM Bandung Gelar Dikusi Kiat Sukses Pendanaan PPK Ormawa Ruang Tanpa Nama, Buku yang Membawamu pada Kondisi Suwung Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Dorong Umat Islam Terlibat Aktif Membangun Peradaban Atasi Minimnya Informasi dari Lapangan, Relawan Kebencanaan Muhammadiyah Dibekali Keterampilan Jurnalistik Meriahnya MOTEKART Prodi PIAUD UM Bandung Suguhkan Berbagai Tampilan Mahasiswa Dengan Kostum Unik

Kabar WIB

Aksi Pungut Sampah dan Menyapa Masyarakat di Sela Ekstrakurikuler Siswa SD Almadany


 Aksi jalan-jalan siswa SD Almadany sambil memunguti sampah. (Foto: Firdah Vebriyanti) Perbesar

Aksi jalan-jalan siswa SD Almadany sambil memunguti sampah. (Foto: Firdah Vebriyanti)

GIRImu.com — Siswa SD Alam Muhammadiyah Kedanyang (SD Almadany) Kebomas, Gresik melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler kepanduan Hizbul Wathan (HW) dan Tapak Suci, Jumat (14/1/2022).

Sebagai sekolah berkonsep alam, SD Almadany mengajarkan kepada seluruh muridnya untuk mencintai alam dan lingkungannya melalui kegiatan konkret. Kegiatan dimaksud adalah Cilukba kependekan dari Cintai Lingkungan Bersama Almadany. Wujud kegiatan cinta lingkungan bukan hanya diimplementasikan di sekolah, tetapi juga di alam/lingkungan sekitar.

Dikemas dengan konsep yang menarik, siswa diajak jalan-jalan sembari mengenal lingkungan alam sekitar. Didampingi Maulidyah Firdausi, SPd, Firdah Vebriyanti, SPd, Kurnia Royani Novita Sari, SPd dan Islahudin, SPd, siswa SD Almadany berjelajah di sekitar Perumahan GKGA. Raut wajah gembira terus terpancar dari seluruh siswa selama kegiatan jalan-jalan tersebut. Mereka mengamati segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan yang mereka lewati.

Sebagai wujud peduli lingkungan, siswa mengambil sampah-sampah yang berserakan di sepanjang jalan yang mereka lewati, kemudian memasukkannya ke dalam kantung kresek yang telah dibawa dari sekolah. Mereka sama sekali tidak nampak takut kotor ketika mereka mengambil sampah.

Tidak hanya memperhatikan lingkungan alam, melaui kegiatan jalan-jalan ini siswa SD Almadany juga berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Berjalan baris rapi, siswa menyapa masyarakat yang ditemuinya.

Tempat terakhir yang dituju adalah taman. Ketua PRM Kedanyang, Sutrisno AF, menyambut siswa SD Almadany dengan hangat. Ia bahjkan mengenalkan ayam kate, hewan peliharaannya yang ada di taman tersebut kepada siswa. Di taman, siswa tidak hanya mengambil sampah, tetapi juga bermain bersama. Sebagian siswa bermain dengan ayam milik PRM kedanyang tersebut. Terlihat mereka sangat gembira dan antusias bermain dengan ayam-ayam tersebut .

Usai bermain, siswa kembali ke sekolah dengan tetap membawa kantung kresek yang berisikan sampah.

“Apakah kalian capek?” tanya guru kelas 2 Asparagus, Maulidyah Firdausi, SPd ketika telah sampai di sekolah.

“Tidak, Ustadzah,” Jawab mereka serentak.

“Anak-anak senang atau tidak jalan-jalannya tadi. Kapan-kapan mau jalan-jalan lagi?” tambah Firdah Vebriyanti SPd selaku guru kelas 2 Selada.

Seluruh siswa dengan semangat menjawab,“Senang, Ustadzah. Ayo kita keliling lagi”.

Experience Learning. Inilah yang menjadi keunggulan SD Almadany. Siswa bukan hanya diajak belajar di dalam kelas, tetapi juga belajar dengan alam, baik dalam pembelajaran maupun ekstrakurikuler. (sto)

Kontributor: Firdah Vebriyanti

Artikel ini telah dibaca 133 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Audiensi ke PDM, Inilah Wejangan Penting untuk IPM Gresik

20 February 2024 - 23:11 WIB

Desain Batik Lokal Uji Internal P5 Spemutu

16 February 2024 - 11:20 WIB

Fun Futsal LSBO PCM Balongpanggang Jadi Ajang Silaturahim Ortom

13 February 2024 - 00:18 WIB

Rakerpim PD IPM Gresik Fokus Gerak Cinta Pejuang Back to Masjid

12 February 2024 - 11:38 WIB

Silahturahmi Kyai Cepu bersama LSBO PDM Gresik

12 February 2024 - 11:03 WIB

Kemah Kader IPM Jedong Digelar di Acara Isra Miraj

11 February 2024 - 11:14 WIB

Trending di Kabar