Menu

Mode Gelap
PKM Center UM Bandung Gelar Dikusi Kiat Sukses Pendanaan PPK Ormawa Ruang Tanpa Nama, Buku yang Membawamu pada Kondisi Suwung Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Dorong Umat Islam Terlibat Aktif Membangun Peradaban Atasi Minimnya Informasi dari Lapangan, Relawan Kebencanaan Muhammadiyah Dibekali Keterampilan Jurnalistik Meriahnya MOTEKART Prodi PIAUD UM Bandung Suguhkan Berbagai Tampilan Mahasiswa Dengan Kostum Unik

Kabar WIB

Serunya Ekstrakurikuler Perdana Tapak Suci di SD Almadany


 Aksi para Perbesar

Aksi para "pendekar" cilik pada sesi latihan perdana Tapak Suci. (Foto: Ely Syarifah)

GIRImu.com — Ada yang berbeda di lapangan SD Alam Muhammadiyah Kedanyang (SD Almadany) Kebomas, Gresik, Jumat (14/1/2022). Tak seperti biasanya, pagi itu siswa-siswi Kelas 1 Cherimoya dan 1 Paprika berkumpul di lapangan dan melakukan kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci (TS).

Semua nampak ceria dan asyik mengikuti kegiatan perdana eksrakurikuler Tapak Suci ini setelah selama dua tahun masa pandemi –sejak Maret 2020– kegiatan ekstrakurikluer ditiadakan. Walau belum memakai seragam Tapak Suci (karena masih dalam proses pengadaan oleh pihak manajemen sekolah) dan sementara memakai baju olah raga sekolah, tapi semangat siswa-siswi kelas 1 Cherimoya dan 1 Paprika tak pernah kendor. Semua siswa cukup antusias mengikuti kegiatan oleh raga bela diri ini.

Kegiatan Ekstakurikuler Tapak Suci ini dipandu oleh pelatih dari Lamongan, yakni Kak Verdiansyah Qomar Romadhon, KMd. Ia malatih silat ini sejak tahun 2013. Hingga kini pria tegap ini masih aktif mengajar Tapak Suci di beberapa sekolah. Di antarnya MIM 1 Plabuhanrejo, SD Sidoharjo Lamongan, MI Islamiyah Kramat, TK Aisiyah Mantup. Selain itu, juga melatih di Pondok Pesantren Al Mizan Lamongan dan TK Aisiyah 48 Surabaya.

Kak Verdi, sapaan akrabnya, sangat bangga dengan semangat siswa-siswi SD Almadany dalam kegiatan perdana ekstakurikuler TS ini. Pada pertemuan pertama ini, Kak Verdi mengajarkan materi dasar Tapak Suci, yakni sikap Tapak Suci, hormat Tapak Suci, duduk sikap sempurna, dan duduk sikap berdoa. Kak Verdi berharap, siswa-siswi SD Almadany bisa mengikuti semua materi Tapak Suci dengan enjoy dan menyenangkan selama kegaiatan ekstrakurikuler di semester 2 ini.

Kegiatan Tapak Suci perdana ini disambut dengan ceria tidak hanya oleh para siswa. Wali murid pun cukup senang dengan kegiatan ini. Seperti diungkapkan oleh Wara Mariskha, ibunda Adam Pramudya Radhika Ilhami, siswa kelas 1 Cherimoya. Katanya, sepulang dari sekolah semua gerakan Tapak Suci yang diajarkan oleh Kak Verdi dipraktikkan semua di rumah.

“Capek, tapi senang sekali Bun aku hari ini,” ujar Adam kepada Ibunda sepulang dari kegiatan ekrakurikuler Tapak Suci. (Eli Syarifah)

Artikel ini telah dibaca 171 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Audiensi ke PDM, Inilah Wejangan Penting untuk IPM Gresik

20 February 2024 - 23:11 WIB

Desain Batik Lokal Uji Internal P5 Spemutu

16 February 2024 - 11:20 WIB

Fun Futsal LSBO PCM Balongpanggang Jadi Ajang Silaturahim Ortom

13 February 2024 - 00:18 WIB

Rakerpim PD IPM Gresik Fokus Gerak Cinta Pejuang Back to Masjid

12 February 2024 - 11:38 WIB

Silahturahmi Kyai Cepu bersama LSBO PDM Gresik

12 February 2024 - 11:03 WIB

Kemah Kader IPM Jedong Digelar di Acara Isra Miraj

11 February 2024 - 11:14 WIB

Trending di Kabar