Menu

Mode Gelap
Menteri PPPA Apresiasi Hunian Darurat Yang Di Bikin Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur

Kabar WIB

Pemilu ala Spemupat, Tentukan Pilihanmu


 Seorang Perbesar

Seorang "warga" Spemupat memasukan kertas suara seusai mencoblos calonnya. (Foto: Pristy Novida)

GIRImu.com — Mendung dan dinginnya cuaca pagi, Kamis (20/1/2022) tidak menyurutkan semangat siswa-siswi SMP Muhammadiyah 4 Kebomas (Spemupat) untuk datang di perhelatan pemilihan calon ketua Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) angkatan ke-47 periode 2022/2023. Ajang pemilihan digelar secara sederhana di selasar sekolah di komplek perguruan Giri ini.

#

Selasar sekolah disulap menjadi tempat pemungutan suara (TPS) layaknya Pemilu beneran. Sejumlah sarana dan peraga, serta kelengkapan Pemilu disiapkan, sepertri kotak suara, kertas suara, saksi dari masing-masing pasangan calon (paslon) kontestan, serta tempat duduk pemilih. Semua dikondisikan seperti Pemilu yang biasa dilakukan di tempat-tempat pemungutan suara, baik saat pemilihan anggota legislatif, bupati/walikota, gubernur, atau bahkan presiden.

Setelah beberapa waktu sebelumnya para paslon menyampaikan visi-misi juga program masing-masing, kini tiba masanya menentukan yang akan menjadi pimpinan untuk 1 tahun ke depan, lewat pemungutan suara dari para pemegang hak suara. Para pemilih datang secara berurutan sesuai kelas untuk menyalurkan aspirasi dalam memilih paslon yang sesuai dengan hati nuraninya. Dengan tertib, mereka dipandu oleh Makhub Juanedi, selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, untuk melangsungkan tahapan pemilihan.

Kepala Spemupat, Eny Wahyudin mengatakan, agenda tahunan ini diadakan untuk melatih siswa menjalani Pemilu sesuai tahapan yang telah diagendakan, seperti pendaftaran paslon, masa berkampanye, menentukan pilihan atau hak suara. Mereka juga bisa berlatih berani berbicara serta sportif terhadap hasil dan masih banyak hal positif lainnya.

“Semoga kandidatku menang. Programnya asyik sih,” ujar Thalita, siswa kelas 8 dengan antusias tinggi.

Sebanya 4 paslon bertarung dalam hajatan Pemilku IPM ini untuk memerebutkan posisi sebagai ketua dan wakil ranting Spemupat. Mereka adalah: Fahril/ Haidar, Baim/Arif, Felicia/Lutfiah, dan Lica/Lisa. Para kandidat saling memberikan support dan tidak nampak suasana bersaing. Sebab, mereka merasa, bahwa ini untuk kepentingan bersama. Setelah memasuki tahap penghitungan suara, akhirnya yang terpilih menjadi ketua dan wakil untuk periode 2022/2023 angkatan 47 adalah Felicia dan Lutfiah, siswa kelas 8A dan 7A. Selamat dan sukses untuk pimpinan IPM baru. (nov)

Kontributor: Pristy Novida, SMP Muhammadiyah 4 Kebomas (Spemupat).

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru

4 December 2022 - 16:06 WIB

Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

3 December 2022 - 20:55 WIB

Hasil Muktamar 14 Nasyiatul Aisyiyah Harus Menguatkan Peradaban

30 November 2022 - 23:08 WIB

Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur

24 November 2022 - 13:51 WIB

Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat

21 November 2022 - 10:33 WIB

7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas

20 November 2022 - 06:27 WIB

Trending di #muktamar muhammadiyah aisyiyah 48