Menu

Mode Gelap
PKM Center UM Bandung Gelar Dikusi Kiat Sukses Pendanaan PPK Ormawa Ruang Tanpa Nama, Buku yang Membawamu pada Kondisi Suwung Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Dorong Umat Islam Terlibat Aktif Membangun Peradaban Atasi Minimnya Informasi dari Lapangan, Relawan Kebencanaan Muhammadiyah Dibekali Keterampilan Jurnalistik Meriahnya MOTEKART Prodi PIAUD UM Bandung Suguhkan Berbagai Tampilan Mahasiswa Dengan Kostum Unik

Kabar WIB

Pemilu ala Spemupat, Tentukan Pilihanmu


 Seorang Perbesar

Seorang "warga" Spemupat memasukan kertas suara seusai mencoblos calonnya. (Foto: Pristy Novida)

GIRImu.com — Mendung dan dinginnya cuaca pagi, Kamis (20/1/2022) tidak menyurutkan semangat siswa-siswi SMP Muhammadiyah 4 Kebomas (Spemupat) untuk datang di perhelatan pemilihan calon ketua Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) angkatan ke-47 periode 2022/2023. Ajang pemilihan digelar secara sederhana di selasar sekolah di komplek perguruan Giri ini.

Selasar sekolah disulap menjadi tempat pemungutan suara (TPS) layaknya Pemilu beneran. Sejumlah sarana dan peraga, serta kelengkapan Pemilu disiapkan, sepertri kotak suara, kertas suara, saksi dari masing-masing pasangan calon (paslon) kontestan, serta tempat duduk pemilih. Semua dikondisikan seperti Pemilu yang biasa dilakukan di tempat-tempat pemungutan suara, baik saat pemilihan anggota legislatif, bupati/walikota, gubernur, atau bahkan presiden.

Setelah beberapa waktu sebelumnya para paslon menyampaikan visi-misi juga program masing-masing, kini tiba masanya menentukan yang akan menjadi pimpinan untuk 1 tahun ke depan, lewat pemungutan suara dari para pemegang hak suara. Para pemilih datang secara berurutan sesuai kelas untuk menyalurkan aspirasi dalam memilih paslon yang sesuai dengan hati nuraninya. Dengan tertib, mereka dipandu oleh Makhub Juanedi, selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, untuk melangsungkan tahapan pemilihan.

Kepala Spemupat, Eny Wahyudin mengatakan, agenda tahunan ini diadakan untuk melatih siswa menjalani Pemilu sesuai tahapan yang telah diagendakan, seperti pendaftaran paslon, masa berkampanye, menentukan pilihan atau hak suara. Mereka juga bisa berlatih berani berbicara serta sportif terhadap hasil dan masih banyak hal positif lainnya.

“Semoga kandidatku menang. Programnya asyik sih,” ujar Thalita, siswa kelas 8 dengan antusias tinggi.

Sebanya 4 paslon bertarung dalam hajatan Pemilku IPM ini untuk memerebutkan posisi sebagai ketua dan wakil ranting Spemupat. Mereka adalah: Fahril/ Haidar, Baim/Arif, Felicia/Lutfiah, dan Lica/Lisa. Para kandidat saling memberikan support dan tidak nampak suasana bersaing. Sebab, mereka merasa, bahwa ini untuk kepentingan bersama. Setelah memasuki tahap penghitungan suara, akhirnya yang terpilih menjadi ketua dan wakil untuk periode 2022/2023 angkatan 47 adalah Felicia dan Lutfiah, siswa kelas 8A dan 7A. Selamat dan sukses untuk pimpinan IPM baru. (nov)

Kontributor: Pristy Novida, SMP Muhammadiyah 4 Kebomas (Spemupat).

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Audiensi ke PDM, Inilah Wejangan Penting untuk IPM Gresik

20 February 2024 - 23:11 WIB

Desain Batik Lokal Uji Internal P5 Spemutu

16 February 2024 - 11:20 WIB

Fun Futsal LSBO PCM Balongpanggang Jadi Ajang Silaturahim Ortom

13 February 2024 - 00:18 WIB

Rakerpim PD IPM Gresik Fokus Gerak Cinta Pejuang Back to Masjid

12 February 2024 - 11:38 WIB

Silahturahmi Kyai Cepu bersama LSBO PDM Gresik

12 February 2024 - 11:03 WIB

Kemah Kader IPM Jedong Digelar di Acara Isra Miraj

11 February 2024 - 11:14 WIB

Trending di Kabar