Home Kabar Gelar Olimpiade dan Pameran Passion, Smamsatu Eksplorasi Karya Siswa Berbakat

Gelar Olimpiade dan Pameran Passion, Smamsatu Eksplorasi Karya Siswa Berbakat

by Redaktur 1

GIRImu.com — SMA Muhammadiyah 1 Gresik (Smamsatu) menggelar program baru dengan menggandeng Airlangga Madani, lembaga yang concern dengan pengembangan pendidikan. Program bertajuk “Olimpiade dan Pameran Passion” dengan tema “Disvovery Yourself with a Passion for Achievement” ini, digelar di area sekolah di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Minggu (30/1/2022).

Olimpiade yang dihelat sejak pekan lalu itu diikuti oleh sekitar 400 peserta didik dari berbagai SMP/MTs di Kota Gresik, meliputi Matematika, Bahasa Inggris, dan Sains. Selain itu, juga ada tahfidz, hafalan surat pendek dalam Al Quran yang diikuti siswa tingkat SD/MI.

Di sela-sela berlangsungnya olimpiade, peserta lomba dan pengunjung bisa berkunjung ke stand passion yang disugukan di halaman depan dan lobi Smamsatu. Beberapa karya program passion dipamerkan dalam event ini, di antaranya enterpreneur, kesehatan, seni, tahfidz, teknik, literasi, publik speaking, dan psikologi.

Pada pameran ini, tiap passion menunjukkan hasil projek peserta didik selama mengikuti kelas passion. Ada game seru dan berbagai produk yang disuguhkan kepada ratusan pengunjung. Juga ada sajian lain yang tak kalah menariknya, seperti passion literasi. Passion ini menampilkan beberapa buku antologi puisi dan cerpen karya mereka. Tidak ketinggalan, juga berbagai quotes untuk memotivasi peserta didik yang berkunjung ke stand literasi.

Bukan hanya menyajikan buku yang sudah mereka terbitkan, tim passion literasi juga menawarkan berbagai permainan kata dan teka-teki silang untuk pengunjung yang ada di stand mereka. Untuk memberikan semangat kepada pengunjung, passion literasi juga menyiapkan suvenir yang menarik berupa coklat dan bulpen.

Pada momen itu, tiap passion diberikan kesempatan untuk menampilkan kreativitas yang mereka miliki. Salah satu peserta passion lirerasi, Windi Nur Fadilah yang merupakan siswa berkebutuhan khusus di Smamsatu tidak mau kalah unjuk kebolehan dengan membaca puisi karyanya. Dengan penuh semangat dan penghayatan, ia membacakan puisi “Bibir yang Terjajah”. Tak pelak lagi, ratusan pasang mata pengunjung pun tertuju kepadanya.

“Satu pelajaran yang dapat kita ambil dan teladani adalah, tak perlu menjadi baik di antara yang paling baik. Manusia selalu mencari ketidaksempurnaanmu. Jadilah dirimu sendiri dengan segala keunikan yang kamu miliki,” ungkapnya.

Nurul Ilmiyah, SPd, Waka Kurikulum Samsatu menyatakan, tujuan diadakannya event ini adalah untuk memberikan ruang kepada peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minat yang mereka miliki. Selain itu, lewat event ini, mereka bisa menunjukkan karya yang dihasilkan tiap passion kepada warga sekolah dan masyarakat umum.

Discover Yourself with a Passion for Achievement merupakan tema yang diambil, karena setiap anak pasti memiliki bakat yang berbeda. Diharapkan, dengan adanya pembelajaran passion di Smamsatu ini, mereka dapat menemukan dan mengembangkan bakat yang mereka miliki,” tandas Nurul. (yul)

Kontributor: Yulia Dwi Putri

Related Articles

Leave a Comment