Home » Spemupat Cari Bibit Unggul lewat Olimpiade

Spemupat Cari Bibit Unggul lewat Olimpiade

by Redaktur 1

GIRImu.com — SMP Muhammadiyah 4 Kebomas, Gresik (Spemupat) menggelar olimpiade Matematika dan Bahasa Inggris, Rabu (23/2/2022). Even yang digawangi oleh mahasiswa magang (PPL) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) itu digelar secara internal dengan peserta pasa siswa Spemupat sendiri.

Bertema “FUN ENGLISH AND MATHEMATICS OLYMPIAD”, even ini dihelat untuk mengasah kemampuan siswa sekaligus menambah perbendaharaan soal-soal olimpiade bidang studi Matematika dan Bahasa Inggris. Antusias peserta cukup besar. Selain bisa menambah pengalaman, mereka semangat mengikutinya karena panitia juga menyiapkan hadiah menarik. Selain piala, panitia juga menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan serta hadiah hiburan lainnya, dengan total senilai Rp.500.000.

Data panitia menyebutkan, olimpiade ini diikuti oleh 132 siswa yang terbagi menjadi  3 jenjang, yaitu kelas VII, VIII, dan IX.  Antusias siswa terlihat saat mendapatkan arahan dari ketua pelaksana kegiatan sesaat sebelum acara dimulai. Peserta mulai penasaran dan tertarik ketika diajukan pertanyaan seputar model soal dan hadiahnya. 

Abdullah Husni Mubarok, Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan, even ini bertujuan mengenalkan dan membiasakan siswa mengerjakan soalsoal olimpiade. Secara umum soal-soal olimpiade yang diajukan cenderung ke soal bersifat nalaria, sehingga berbeda dengan soal-soal yang ada di dalam buku pelajaran.

Mahbub Junaedi, SPd, Waka Kesiswaan Spemupat, mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mencari siswa yang berpotensi dalam akademik, terutama bidang studi Matematika dan Bahasa Inggris. Diharapkan, dengan even ini, ke depan sekolah tidak kesulitan dalam membina dan menyiapkan siswa untuk ditampilkan dalam ajang lomba olimpiade. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya dibuat berjenjang mulai dari kelas VII hingga IX. Karena itu, semua siswa diwajibkan mengikutinya.

Ouw … seperti ini ya soal olimpiade Bahasa Inggris. Baru tahu, lumayan sulit, hehe,” ujar Fachri, peserta dari kelas VII yang mengaku baru kali pertama mengikuti lomba seperti itu.

Kegiatan yang digelar hingga pukul 14.00 WIB itu berakhir dengan munculnya nama-nama juara, yaitu juara 1 untuk kelas IX diraih Farahiyah, kelas VIII Haidar, dan kelas VII Azizah. (nov)

Kontributor: Pristy Novida

Related Articles

Leave a Comment