Home Kabar Tim Pocil SD Muhammadiyah 1 GKB Juara Baris Berbaris

Tim Pocil SD Muhammadiyah 1 GKB Juara Baris Berbaris

by Redaktur 1

GIRImu.com — Tim Polisi Cilik (Pocil) SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) Gresik berhasil meraih juara I dalam Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) yang diselenggarakan MTs Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. Latihan yang dilakukan secara intensif selama dua minggu ini akhirnya membuahkan hasil. Tim Pocil sendiri merupakan terobosan SD Mugeb dalam mengembangkan kemampuan siswa.

Aspek yang dinilai dalam perlombaan ini meliputi gerakan dasar (sikap sempurna, sikap istirahat di tempat, lencang kanan, berhitung, hormat, jalan di tempat, hadap kanan, hadap kiri, periksa kerapihan). Selain itu, juga gerakan berjalan (empat langkah ke depan, empat langkah ke belakang, ke kanan, ke kiri, langkah biasa, langkah tegap, hormat kanan, dua kali belok kanan jalan, buka barisan, haluan kanan/haluan kiri).

Kepala SD Mugeb, M. Nor Qomari, SSi, mengungkapkan rasa senang dan bangganya atas pencapaian tim Pocil SD Mugeb yang kembali meraih prestasi. “Alhamdulillah, siswa-siswi Pocil juara 1 lomba kreasi baris berbaris tingkat nasionl. Anak-anak mengikuti latihan dengan serius dan disiplin tinggi,” katanya, Minggu (6/3/2022).

Yang tidak kalah pentingnya, kata Qomari, adalah menanamkan sikap bangga, bahwa di dada mereka itu ada lambang Mugeb, yang artinya, harus memberikan kebanggaan untuk sekolah . “Hal tersebut menjadi pelecut semangat anak-anak untuk giat berlatih, untuk memberikan perform terbaik selama lomba dan Alhamdulillah ini adalah jawaban untuk menjadi juara 1,” ungkapnya.

Qomari juga berterima kasih kepada seluruh elemen yang berperan menyukseskan lomba ini dan membawa Pocil sebagai ikon sekolah menjadi juara. “Terima kasih atas sinergi yang apik antara siswa, guru pembina dan orang tua yang terus membersamai kesuksesan lomba ini,” ungkap Ari, panggilan akrabnya.

Dandik Suwandi SPd, guru PJOK mengatakan, latihan Pocil dari hari ke hari semakin ada peningkatan. Mental mereka pun juga sudah siap, karena hal itu akan mempengaruhi penampilan. “Latihan keras, untuk tekad yang sama yaitu membawa SD Mugeb meraih juara,” katanya.

Tahap awal lomba adalah mengikuti babak penyisihan yang dilakukan secara daring dengan mengirimkan video berdurasi waktu maksimal 5 menit. Setiap peleton wajib melaksanakan seluruh gerakan PBB baku serta gerakan PBB kreasi.

Dandik, sapaannya, menyampaikan, untuk mengikuti lomba ini harus menguasai gerakan dasar PBB. Siswa yang mengikuti lomba kebetulan memang sudah tergabung dalam tim Pocil SD Mugeb.

“Jadi memang harus menguasai gerakan PBB terlebih dahulu. Jadi ya tidak mudah, sekolah selalu melakukan seleksi untuk memilih anak-anak terbaik dalam melakukan gerakan PBB,” terangnya.

Pada saat latihan, Dandik mengajarkan beberapa gerak dasar PBB itu. Setiap gerakan memiliki aba-aba. Gerakan bisa dilakukan setelah aba-aba diberikan. Lomba Kreasi Baris berbaris ini diikuti oleh tim yang terdiri atas sepuluh anggota. Mazaya Nismah Maulidiyah (V-Amerika) bertindak sebagai komandan peleton.

Setelah lolos dari babak penyisihan, tim Pocil SD Mugeb kemudian mengikuti babak final pada hari Ahad (27/2/22) berlokasi di lapangan MTs/MA Hikmatul Amanah, Pacet Mojokerto. Di akhir babak final. Tim Pocil Mugeb akhirnya dinyatakan sebagai juara 1. Hadiah yang dibawa pulang Tim Pocil SD Mugeb adalah trofi, sertifikat, uang pembinaan, dan golden ticket voucher pendidikan.

Sang Danton, Mazaya Nismah Maulidiyah (V-Amerika) mengaku senang latihan kerasnya bersama teman-temannya membuahkan hasil. “Senang bisa masuk 3 besar dan menang juara 1, dan untuk tantangannya lumayan sedikit berat, karena kompetitornya lumayan andal dan jago. Tapi kami tetap PD dengan apa yang sudah kami tampilkan,” ungkapnya. (sto)

Related Articles

Leave a Comment