Menu

Mode Gelap
Menteri PPPA Apresiasi Hunian Darurat Yang Di Bikin Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur

Kabar WIB

Tingkatkan Kedisiplinan, SD Mugres Terjunkan Passus Siap Grak


 Passus Siap Grak, Perbesar

Passus Siap Grak, "tim elite" SD Mugres saat menjalankan tugas melayani para siswa. (Foto: Syifaul Fuadiyah)

GIRImu.com — SD Muhammadiyah Kompleks Gresik (SD Mugres) memiliki cara unik untuk menguatkan kedisiplinan siswa. Cara yang ditempuh adalah membentuk tim khusus bernama Passus Siap Grak. “Tim elite” ini dibentuk dari hasil seleksi ketat, lalu diberi bekal keterampilan khusus pula sebagai amunisi dalam menjalankan tugas.

#

Siap grak!’ Begitulah seruan khas beberapa siswa berompi biru sesaat sebelum bel istirahat berbunyi. Setelah mendapat pengarahan dari Maulidatus Tsalisah, salah satu Kepala Urusan Kehidupan Islami SD Muhammadiyah Kompleks Gresik (SD Mugres), mereka sontak menyebar ke sudut-sudut sekolah.

Di sekolah dasar yang berada di pusat kota Gresik ini, para siswa ini disebut Pasukan Khusus Siap Grak. Siap Grak sendiri merupakan akronim dari ‘sopan santun, ibadah, adab, dan pengembangan karakter’. Mereka dibentuk utamanya untuk melatih kedisiplinan diri dan jiwa kepemimpinan bagi pribadi masing-masing anggotanya.

Passus Siap Grak terdiri atas 50 anggota dari siswa kelas 4 dan 5. Mereka sudah bertugas mulai Maret 2022 ini. Berbagai tugas menjadi tanggung jawab mereka, seperti menyambut kedatangan siswa dan tamu, membantu prosedur protokol kesehatan, memantau ketertiban saat jam istirahat, dan turut serta diterjunkan dalam kegiatan eksternal sekolah. Salah satunya, bakti sosial pada peringatan Isra-Mikraj awal bulan ini.

Menurut Bu Tsalis, sapaan Maulidatus Tsalisah, anak-anak sangat antusias dengan adanya passus yang diadakan sekolah. Terbukti, lewat pendaftaran yang dibuka pada Senin, 7 Maret 2022 lalu, sebanyak 60 lebih siswa telah endaftar. Padahal hanya 50 personel yang dibutuhkan.

“Sebanyak 50 siswa ini memiliki jadwal bergilir piket setiap hari. Mereka mengenakan rompi khusus setiap kali bertugas,” ujarnyanya, Sabtu (19/3/2022).

Buah dari program kerja dari tim urusan Kesiswaan dan Kehidupan Islami ini juga memiliki tugas khusus lain. Seperti menjaga kedisiplinan saat salat, menjaga kesadaran siswa atas kebersihan, disiplin memakai masker, adab di kamar kecil, kesadaran mengantre, dan pembiasaan islami lainnya.

Christalina Riya Ristanti, salah satu tim urusan Kesiswaan menambahkan, “Saya sangat senang dengan terbentuknya Passus Siap Grak. Mereka sangat membantu dalam meningkatkan ketertiban sekolah. Anak-anak perlu banyak berlatih supaya nanti bisa terjun di lapangan dengan lebih baik.”

Bu Rista menyatakan, Passus Siap Grak juga mendapatkan pelatihan khusus untuk belajar menjadi polisi atau tentara, seperti keterampilan baris-berbaris dan isyarat pengaturan lalu lintas.

“Passus Siap Grak diharapkan menjadi teladan bagi seluruh warga sekolah. Dengan adanya tim ini, anak-anak akan saling belajar terkait pentingnya berkoordinasi antaranggota, serta kebutuhan dalam hal kenyamanan dan keamanan di sekolah,” pungkasnya. (syi)

Kontributor: Syifaul Fuadiyah

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru

4 December 2022 - 16:06 WIB

Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

3 December 2022 - 20:55 WIB

Hasil Muktamar 14 Nasyiatul Aisyiyah Harus Menguatkan Peradaban

30 November 2022 - 23:08 WIB

Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur

24 November 2022 - 13:51 WIB

Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat

21 November 2022 - 10:33 WIB

7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas

20 November 2022 - 06:27 WIB

Trending di #muktamar muhammadiyah aisyiyah 48