Menu

Mode Gelap
Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

Kabar WIB

Indahnya Menghafal Al Qur’an bersama Hafidz Asli Mesir di Perguruan Giri


 Syaikh Subhi dengan penuh kesabaran melayani siswa SD Muri dan Spemupat. (Foto: Pristy Novida) Perbesar

Syaikh Subhi dengan penuh kesabaran melayani siswa SD Muri dan Spemupat. (Foto: Pristy Novida)

GIRImu.com — Untuk memotivasi siswa memelajari dan menghafalkan Al Qur’an, Rabu (23/3/2022) Perguruan Muhammadiyah Giri, Kec. Kebomas, Gresik kedatangan tamu agung, seorang hafidz dari Mesir. Tamu agung itu adalah Syaikh Subhi Ghonim Al Azhary Al Mishry.

#

Kedatangannya untuk mengajak para siswa perguruan itu mencintai Al Qur’an dalam kehidupannya. Bersama penerjemahnya, kegiatan yang dipandu oleh Ustadz Dimas ini berlangsung dengan sangat interaktif. Dalam kesempatan spesial ini yang menjadi penerjemah adalah Ustadzah Masning Candra, guru SMP Muhammadiyah 4 Kebomas (Spemupat) Gresik yang juga alumni Universitas Al Azhar, Mesir.

Diikuti sekitar 100 peserta yang terdiri atas siswa kelas IV, V SD Muhammadiyah 1 Giri (SD Muri) Kebomas, Gresik dan siswa kelas tahfidz Spemupat, acara yang dihelat di Masjid At Taqwa Giri ini berlangsung dengan semangat, namun hidmat. Seluruh peserta sangat antusias mendengarkan nasihat dari Syaikh Subhi melalui penerjemahnya. Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh ananda Yusfi, siswa kelas tahfidz Spemupat, membuat Syaikh Subhi kagum. Kalimat pujian itu disampaikan melalui Ustadzah Candra.

“Syaikh Subhi sangat bangga dengan antusias siswa. Beliau juga menyempatkan mengajari seluruh peserta membaca surah Al Fatihah dengan makhroj yang benar. Beliau benar-benar peka ketika ada kesalahan yang diucapkan siswa dan segera membetulkan,” ujar Ustadzah Candra menerjemahkan Syaikh Subhi.

Syaikh Subhi berpesan, belajar dan menghafal Al Qur’an dengan bersungguh-sungguh akan mendapatkan syafaat dari Allah SWT. Bahkan ia meyakinkan, tidak akan masuk surga jika tidak mengamalkan kandungan dalam Al Qur’an.

Syaikh Subhi juga mengingatkan adab ketika membawa Al Qur’an. Caranya, Al Qur’an harus dipegang di tangan, tidak di letakkan di lantai. Kitab suci ini juga tidak boleh diletakkan di urutan bawah. Jadi, Al Qur’an sebagai kitab suci harus diletakkan di tempat yang bersih dan tertinggi.

Selain itu, ia juga memberikan tips agar mudah menghafalkan, yaitu ketika membaca Al Qur’an harus didampingi oleh orang yang lebih pandai untuk menyimak dan membetulkan, jika ada yang salah. Katanya, jangan belajar sendiri.

Alhamdulillah, jadi lebih semangat belajar Al Qur’an,” ujar Hafizah, peserta kelas IV SD Muri.

Hal yang sama disampaikan Daffa, peserta dari Spemupat. “Alhamdulillah, bisa menimba ilmu secara langsung dari hafidz asli Mesir, meski hanya sebentar tapi jadi semangat. Kalau saja bisa berlama-lama tambah asyik ya,” katanya bangga.

Faridatul Asriah selaku Waka Ismuba mengatakan, kegiatan ini merupakan kerja sama antara SD Muri dan Spemupat. Tujuannyya, untuk memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu mencintai dan lebih semangat dalam menghafalkan Al Qur’an. Apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, maka sudah selayaknya kalau semua umat Islam lebih mengakrabi Al Qur’an. (nov)

Kontributor: Pristy Novida

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru

4 December 2022 - 16:06 WIB

Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

3 December 2022 - 20:55 WIB

Hasil Muktamar 14 Nasyiatul Aisyiyah Harus Menguatkan Peradaban

30 November 2022 - 23:08 WIB

Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur

24 November 2022 - 13:51 WIB

Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat

21 November 2022 - 10:33 WIB

7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas

20 November 2022 - 06:27 WIB

Trending di #muktamar muhammadiyah aisyiyah 48