Menu

Mode Gelap
Pemilu Berjalan Sukses, PWPM Jateng Imbau Seluruh Pihak untuk Membawa Narasi Damai Cara Jualan Live TikTok Agar Banyak Pembeli Resmi Dilantik, Rektor UM Bandung Minta Para Warek Terus Lakukan Peningkatan Kualitas dan Transformasi Kampus Rekomendasi Jasa Pembuatan Hardbox di Bandung Talkshow PAI UM Bandung Beri Tips Seputar Pembentukan Karakter Siswa dan Guru

Muhammadiyah News Network WIB

Dokter: Puasa Justru Bermanfaat Bagi Lansia


 Dokter: Puasa Justru Bermanfaat Bagi Lansia Perbesar

Jakarta, InfoMu.co – Orang-orang lanjut usia (lansia) seringkali memiliki semangat yang tinggi untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Bahkan mereka juga kerap ikut berpuasa selama satu bulan penuh.

Memang tidak ada larangan bagi para lansia untuk berpuasa selama mereka mampu melakukannya. Tentunya dengan kondisi tubuh yang sehat, prima dan tidak sedang sakit-sakitan.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam MMC Rahma Safitri Meutia, puasa justru membawa manfaat tersendiri bagi para lansia. Beberapa manfaat yang didapatkan para lansia, antara lain kadar radikal bebas dalam tubuh mereka akan menurun.

“Pada pasien-pasien usia lanjut yang berpuasa kadar radikal bebas menurun di minggu kedua setelah pasien melakukan puasa Ramadhan,” kata Rahma.

Manfaat selanjutnya adalah kadar kolestrol trigliserid yang juga menurun pada minggu kedua saat pasien menjalankan puasa Ramadhan. Selain kadar radikal bebas dan kolesterol, ternyata fungsi ginjal pada usia lanjut yang menjalani puasa Ranadhan juga terbukti membaik. Hal ini diperlihatkan dari hasil pemeriksaan kadar clearance test pada pasien usia lanjut.

“Untuk pasien-pasien usia lanjut dengan penyakit tertentu seperti penyakit gula, ataupun ginjal sebaiknya mengkonsultasikan trlebih dahulu apakah ia diperbolehkan untuk menjalani ibadah puasa Ramadan atau tidak oleh dokter yang berkompeten,” ujar Rahma dikutip dari Youtube MMC. (rep)

 

sumber berita dari infomu.co

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tiga Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung Resmi Dilantik

29 February 2024 - 01:24 WIB

Pemilu Berjalan Sukses, PWPM Jateng Imbau Seluruh Pihak untuk Membawa Narasi Damai

28 February 2024 - 22:42 WIB

Ketua PWM Ajak Warga Muhammadiyah se-Jawa Barat Untuk Sukseskan OlympicAD VII di Bandung

28 February 2024 - 21:23 WIB

Cara Jualan Live TikTok Agar Banyak Pembeli

28 February 2024 - 18:40 WIB

Resmi Dilantik, Rektor UM Bandung Minta Para Warek Terus Lakukan Peningkatan Kualitas dan Transformasi Kampus

28 February 2024 - 14:38 WIB

PWM Jawa Barat Komitmen Menjadikan Muhammadiyah Sebagai Organisasi Bermarwah, Berkemajuan, dan Berorientasi Masa Depan

28 February 2024 - 13:21 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network