Home Muhammadiyah News Network Siswa SDMM Beri Motivasi di Acara Syiar Ramadhan | PWMU.CO

Siswa SDMM Beri Motivasi di Acara Syiar Ramadhan | PWMU.CO

by PWMU CO
Siswa SDMM Beri Motivasi di Acara Syiar Ramadhan, liputan kontributor PWMU.CO
Siswa SDMM sedang memotivasi belajar berpuasa Ramadan di TK Aisyiyah 42 Griya Bunder Asri Gresik (Achmad Nazarudin/PWMU.CO)

Siswa SDMM Beri Motivasi di Acara Syiar Ramadhan, liputan kontributor PWMU.CO

PWMU.CO – Siswa SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) melakukan Syiar Ramadan 1443 H yang dilakukan ke KB dan TK, Rabu (30/3/22).

Setelah 2 tahun absen karena pandemi Covid-19, ini kali pertama agenda tersebut dilakukan kembali. Sasaran syiar Ramadannya ke TK dan Kelompok Bermain (KB) sekitaran GKB-Kebomas, TK Aisyiyah 36 Perum Pongangan Indah (PPI), Playgroup Tunas Aisyiyah (PGTA) PPI, TK Aisyiyah 42 Griya Bunder Asri (GBA), KB Aisyiyah 42 GBA, dan TK Islam Bakti 5

Petugas yang dipilih dari perwakilan jenjang kelas IV-V sebanyak 12 siswa. Mereka yang bertugas armada 1 siswa kelas IV, Amirah Mumtazah Dias, Moch. Kalihulfalah WA, Muhammad Naufal Alif, Khanza Azahra Utomo, Bagas Wiratama Teguh Satrio, dan Azahra Ariibah Tachir.

Sedangkan bertugas armada 2 siswa kelas V,  Livia Almahyra Putri, Muhammad Arya Bimantara, Nabil Zulfadhli Aqeel Nugroho, Fiorenz Janitra Ahmad, Nayla Athaya Nisrina Choirunnisa, dan Muhammad Raffasya Andhika.

Ketua panitia kegiatan Ramadan 1443 H Siti Mariyanti mengatakan sudah lama absen karena pandemi, tahun ini kami jalankan kembali syiar ramadhan keluar sekolah.

“Ini masih bertahap menugaskan 12 siswa untuk memotivasi adik TK atau adik playgroup agar belajar berpuasa Ramadan. Next akan ditingkatkan jumlah petugasnya,” jelasnya.

Kegiatan syiar Ramadan ke TK dan KB ini perdana dilakukan SDMM yang sebelumnya dengan pawai berkeliling sekitar sekolah, membawa poster ajakan berpuasa kepada masyarakat sekitar. Fokus kegiatan ini meningkatkan ketrampilan berbicara siswa terutama jenjang kelas atas.

Public Speaking

Koordinator Kesiswaan Athiq Amiliyah SPd menjelaskan, dengan kegiatan ini memberikan ketrampilan public speaking dan mengasah kepercayaan diri siswa jenjang kelas atas.

“Kegiatan ini seperti kegiatan kultum di masjid setelah sholat dhuhur yang sudah berjalan di SDMM, fokus dengan ketrampilan berbicara siswa. Sekarang mereka belajar public speaking kepada adik TK dan adik kelompok bermain dalam kegiatan sambut Ramadan ini,” ungkapnya.

Athiq, sapaan akrabnya, memaparkan kegiatan ini dibersamai 2 guru dalam masing-masing armada. Armada 1 didampingi Ahmad Faizun SSos dan Ida Poerwaningrum SPd, Armada 2 didampingi Rudi Purnawan MPd dan Achmad Nazarudin SPdI.

Berfoto bersama setelah pemberian motivasi berpuasa Ramadan di TK Aisyiyah 36 PPI (Ahmad Faizun/PWMU.CO)

Rasa Bahagia

Pendamping kegiatan Rudi menyampaikan rasa bahagianya melihat adik TK yang begitu senang mendengar kakak SD bercerita.

“Kegiatan ini sangat menarik karena adik-adik di TK sangat senang dengan kehadiran kakak-kakak SDMM. Mereka menyimak banget apa yang diceritakan kakak SDMM pengalamannya berpuasa saat mereka TK dulu,” Jelas koordinator kurikulum SDMM ini.

Dia mengungkapkan adik-adik TK jadi termotivasi untuk berpuasa Ramadan apalagi setelah diberi hadiah oleh kakak-kakak SDMM.  

Ucapan Terima Kasih

Kepala TK Bhakti 5 Nuryum SPd menyampaikan jika kegiatan ini bisa melatih public speaking mereka. “Iya, kegiatan seperti ini bisa melatihkan keberanian public speaking dan keberaniannya,” katanya saat menerima rombongan dari SDMM.

Hal senada juga disampaikan Kepala KB Aisyiyah 42. Syarifah Nur Aini AMaPust mengungkapkan terima kasihnya sekolahnya bisa dikunjungi kakak-kakak SDMM.

“Alhamdulillah anak-anak senang sekali ustadzah, ada yang awalnya nangis langsung terdiam ketika kakak-kakak SDMM dan ustadz masuk ke kelas kami. Terima kasih atas kehadiran kakak-kakak hebat dan ustadz ustadzah dari SDMM,” ungkapnya.

Tingkat Belajar

Kepala TK Aisyiyah 36 PPI Harapan Rehayuni SAg berharap setelah dimotivasi kakak dari SDMM bisa meningkatkan belajar berpuasa Ramadan mereka.

“Setelah mereka mendengar pesan dan motivasi dari kakak SDMM terkait dengan puasa Ramadan, mudah-mudahan bisa meningkatkan semangat anak-anak TK Aisyiyah 36 untuk belajar berpuasa,” kata Ketua Lembaga Kebudayaan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Gresik ini.

Anak-anak senang, sambungnya, apalagi tahu kalau Kakak SDMMnya ada yang alumni TK Aisyiyah 36,” imbuhnya. (*)

Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment