Menu

Mode Gelap
Menteri PPPA Apresiasi Hunian Darurat Yang Di Bikin Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur

Muhammadiyah News Network WIB

Tiga Kiat Sukses Terungkap di Darul Arqam Ini | PWMU.CO


 Tiga Kiat Sukses Terungkap di Darul Arqam Ini | PWMU.CO Perbesar

Tiga kunci sukses
Muhammad Triandoyo menyampaikan tiga kiat sukses di Darul Arqam SMKMITA. (Fitri/PWMU.CO)

PWMU.CO– Tiga kiat sukses disampaikan pemateri hari pertama Darul Arqam SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo Muhammad Triandoyo SPd.

#

Darul Arqam diikuti siswa kelas 10 dan 11 berlangsung di Masjid Al-Mu’minin Jemundo Taman, 4-12 April 2022.

Mengawali paparannya Triandoyo bertanya,”Apa yang temen-temen rasakan saat merasa ragu melakukan sesuatu? Pastinya temen-temen merasa tidak yakin. Bener nggak?”

Dia menyatakan, melakukan sesuatu itu harus didasari keyakinan yang kuat. Jika keyakinan sudah kuat, maka nanti kita akan merasa lebih mantap dan enjoy dalam meraih kesuksesan.

”Wah ini nih yang berbahaya dan harus dihindari. Kalau temen-temen mulai ragu, pasti kalian tidak akan bersungguh-sungguh lagi, tidak kerja tuntas, dan tidak menambah list pencapaian,” tuturnya.

Alumnus SMKMita tahun 2016 itu menekankan, keyakinan dalam hati seseorang bahwa ia bisa sukses merupakan salah satu faktor yang menuntun seseorang pada keberhasilan. Ibaratnya, keyakinan bisa mengubah orang biasa jadi orang besar.

Keyakinan itu satu dari tiga kiat sukses.Kiat sukses kedua ialah akhlakul kharimah. Sebagaimana Rasulullah saw telah bersabda:

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ

Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak mulia. (HR Baihaqi dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu)

Dia mengatakan, kita hendaknya menjadikan Rasulullah saw sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki akhlakul kharimah keharusan bagi umat muslim. Orang berakhlak dapat dipercaya dan membuat hati tentram.

Kiat ketiga, kompeten atau keahlian. Orang yang berkompeten itu harus memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan luas.

”Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang memiliki akal pikiran dan hendaknya setiap manusia memanfaatkan akalnya untuk meraih kesuksesan dengan banyak belajar,” katanya.

Tiga kiat sukses itu keyakinan kuat, akhlakul kharimah, dan kompeten. ”Teman-teman mengamalkan tiga kunci sukses itu iringi dengan doa,” tandasnya.

Darul Arqam bertajuk Akhiri Pandemi, Jaga Hati, dan Dekatkan Diri pada Ilahi diawali dengan sholat Duha berjamaah dan tilawah al-Quran.

Kepala SMKMita Eko Muji Wibowo SPd berharap Darul Arqam ini bisa meningkatkan keimanan. ”Kami akan mengundang orang yang ahli dalam bidang usaha dan industri agar kalian ikut belajar. Mereka datang ke sini untuk berbagi ilmu dan kita bisa belajar banyak dari mereka,” katanya.

Penulis Fitri Novia Wulandari  Editor Editor Sugeng Purwanto

sumber berita by [pwmu.co]

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tingkatkan Wawasan & Pengalaman Mahasiswa, Prodi Administrasi Publik UM Bandung Kunjungi Kementerian PANRB

10 December 2022 - 06:30 WIB

Mohammad Natsir dan Tiga Gurunya yang Inspiratif

10 December 2022 - 02:27 WIB

Cetak Gol ke Gawang Persik, Ini Komentar Febri Hariyadi

9 December 2022 - 22:26 WIB

UM Bandung Siap Gelar Wisuda, Tokoh Ini Akan Sampaikan Orasi Ilmiah

9 December 2022 - 18:24 WIB

Aisyiyah Terima Penghargaan BKKBN Atas Upaya Dan Peran Penurunan Stunting

9 December 2022 - 18:23 WIB

Asep Dayat dan Persib Bandung

9 December 2022 - 14:23 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network