Home Muhammadiyah News Network UMM Jebatani Kebutuhan Dunia Industri Melalui Penyiapan Kurikulum di Perguruan Tinggi

UMM Jebatani Kebutuhan Dunia Industri Melalui Penyiapan Kurikulum di Perguruan Tinggi

by Infomu

Yogyakarta, InfoMu.co – Demi menyongsong era emas dan menyiapkan generasi masa depan, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) luncurkan Centre of Excellence (CoE) kelas profesional human resource development (HRD), akhir Maret lalu. Adapun peluncuran tersebut dibarengi dengan penandatanganan kerjasama dengan sederet Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dalam pengembangan kurikulum dan program.

Dekan Fakulas Psikologi UMM Muhammad Salis Yuniardi, M.Psi., P.hD. mengungkapkan bahwa berdirinya kelas profesional ini salah satunya adalah untuk mencocokkan kurikulum yang ada di perguruan tinggi dengan kebutuhan yang dirasakan industri. Dengan begitu, akan ada kesinambungan yang strategis di antara keduanya. Kerjasama ini juga dinilai sebagai kesempatan untuk saling belajar dan wadah berdiskusi agar bisa menyiapkan generasi yang mumpuni dan kompeten.

“Selain keals HRD, kami juga telah menyiapkan CoE lain yang segera difinalisasi. Sebut saja kelas pendamping individu berkebutuhan khusus (IBK). Begitupun dengan pengakuannya melalui sertifikasi BNSP yang akan segera kami garap. Selain itu juga ada kelas asisten psikolog yang juga sedang digodok bersama teman-teman yang berkaitan,” tambah Salis.

Di sisi lain, Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. mengatakan bahwa masih banyak para sarjana yang dirasa belum siap terjun dan paham akan apa yang sudah dipelajari saat perkulihaan. Berangkat dari keprihatinan tersebut, Kampus Putih berinisiatif untuk membangun berbagai pusat keunggulan berbasis prodi. Hal tersebut juga dinilai sebagai upaya untuk menyelesaikan persoalan-persoalan terkini sekaligus menyiapkan generasi muda untuk menyongsong bonus demografi di masa depan. Apalagi pada 2045, Indonesia diproyeksikan menjadi kekuatan ekonomi besar nomor enam dunia.

Menurutnya, jika perguruan tinggi tidak siap dengan era tersebut, maka masa depan anak muda Indonesia akan menjadi biasa-biasa saja. Padahal negara ini sudah penuh sesak dengan mereka yang biasa. “Kemudian lahirlah ide untuk memunculkan kelas-kelas profesional ini. Adapun kelas HRD yang diinisiasi oleh Fakultas Psikologi ini tidak diperuntukkan hanya bagi mahasiswa psikologi saja. Tapi semua mahasiswa dari berbagai jurusan bisa ikut dan terjun di dalamnya. Tidak menutup kemungkinan juga bagi masyarakat luas,” tegasnya.

Fauzan melanjutkan, sampai saat ini UMM sudah memiliki 17 CoE yang jumlahnya akan terus bertambah. Rencananya, akan ada launching secara massal di tingkat universitas bagi semua kelas profesional yang telah didirikan masing-masing prodi. Hal itu dimaksukan untuk menjawab dan menyiapkan sumber daya manusia yang unggul.

Terakhir, ia menilai bahwa lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab untuk melahirkan generasi yang mumpuni. Hal tersebut bukan hanya berhenti pada jargon semata, namun harus diimplementasikan secara nyata dengan mengantarkan mahasiswa menuju pintu kesuksesan. “Semoga kelas HRD ini bisa menjadi salah satu pintunya. Kami juga berharap DUDI dapat memberikan Ilmu, pengetahuan, motivasi bahkan juga jaringan bagi peserta CoE ini,” pungkasnya. (diko/SM)

sumber berita dari infomu.co

Related Articles

Leave a Comment