Menu

Mode Gelap
Turunnya Al-Quran Jadi Inspirasi Perubahan Masyarakat dari Jahiliah ke Modern Waktu Yang Tepat Mengeluarkan Zakat Fitrah Menurut Muhammadiyah Kader Muhammadiyah Harus Punya Spirit Iqra Untuk Meraih Kesuksesan Dicontohkan Nabi SAW, Inilah Berbagai Amalan Saat Beriktikaf di Masjid Mengungkap Rahasia Turunnya Al-Quran: Perjalanan Tahapan dan Proses Kompilasi Kitab Suci

Muhammadiyah News Network WIB

Field Trip ke Batu Secret Zoo, Siswa Musasi Diingatkan Bahaya Limbah Plastik | PWMU.CO


 Field Trip ke Batu Secret Zoo, Siswa Musasi Diingatkan Bahaya Limbah Plastik | PWMU.CO Perbesar

Field Trip ke Batu Secret Zoo, Siswa Musasi diingatkan bahaya limbah plastik. Liputan Adistya Marella Kesa D, kontributor PWMU.CO SMP Musasi.
Para siswa SMP Musasi kelas Saintek saat di Batu Secret Zoo (Adistya Marella /PWMU.CO)

Field Trip ke Batu Secret Zoo, Siswa Musasi diingatkan bahaya limbah plastik. Liputan Adistya Marella Kesa Damara, kontributor PWMU.CO SMP Musasi.

PWMU.CO – Kelas VII Saintek SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo (Musasi) mengadakan field trip, studi lapangan, ke Batu Secret Zoo Selasa (29/3/22). Rombongan sebanyak 54 siswa gabungan Kelas VII Saintek I dan Kelas VII Saintek II beserta tiga orang guru sebagai pembina.

Pembina kegiatan field trip SMP Musasi Teguh Prastyo SPd mengatakan, setiap anak memiliki kelompok yang berbeda. Terdapat lima kelompok yang terdiri dari Insecta, Aves, Pisces, Mamalia, dan Reptilia.

“Kelima kelompok tersebut ditugaskan untuk mendesain sebuah id card yang digunakan untuk mengetahui identitas diri, kelompok, dan job description-nya masing-masing. Penamaan kelompok tersebut berdasarkan jenis hewan yang mereka akan observasi,” ujarnya.

Tiga Capaian Pembelajaran

Dia lalu melanjutkan, jika ada satu kegiatan yang dilewatkan, maka suatu kelompok itu tidak bisa berjalan dengan lancar. “Selama field trip berlangsung, kelompok tersebut harus teliti untuk pengambilan data, di lokasi yang akan di observasi” jelasnya.

Selama kegiatan outing class ini terdapat lembar kerja peserta didik (LKPD), yang semua kelompok wajib mengisi untuk tiga capaian mata pelajaran inti yang terdiri dari IPA, IPS dan Matematika.

“Seperti IPA, peserta didik mampu melakukan klasifikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati. Pada IPS, peserta didik mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karekteristik masyarakat serta memahami potensi sumber daya alam. Sedangkan Matematika, peserta didik dapat menerapkan rasio pada pengukuran dalam berbagai konteks,” paparnya.

Agenda pertama kegiatan tersebut adalah mengunjungi Museum Satwa.  “Museum Satwa adalah beberapa koleksi atau simpanan hewan daratan ataupun lautan, dari yang terkecil hingga terbesar,” tutur Fitri, pemandu field trip.

Museum Satwa tersendiri terdiri dari Class Insecta, Reptilia, Pisces Amphibi, Mamalia dan Aves yang terdapat kurang lebih 3000 jenis yang diawetkan. Setiap tahunnya jenis-jenis tersebut terus bertambah. Di sini seluruh siswa SMP Musasi juga mendapatkan beberapa informasi mengenai jenis hewan yang berada di Museum ini.

Diingatkan Bahaya Limbah Plastik

Selanjutnya adalah sajian video mengenai bahaya limbah plastik untuk kelangsungan bumi di masa yang akan datang. Kandungan dalam video tersebut menjelaskan mengenai plastic, juga termasuk faktor utama yang dapat merugikan ekosistem. Terlebih lagi laut, hewan yang hidup di laut mengalami kerugian atas limbah plastik. “Video ini ditampilkan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian kita terhadap plastik untuk menjaga ekosistem di laut,” jelas Fitri.

Edsel Flaviano, salah satu siswa kelas saintek membagikan pengalamannya setelah mengikuti field trip ini. “Kegiatan ini sangat menyenangkan karena kita bisa mengetahui berbagai macam hewan,” ungkap Edsel.

Perjalanan di Batu Secret Zoo kali ini menceritakan hewan-hewan yang dibagi menjadi beberapa tema, terdapat Tiger Land, Reptil Garden, Baby Zoo, Safari Farm, Zona Aquarium, Savannah, Pygmy Marmoset, dan Primata. (*)

Co-Editor Darul Setiawan. Editor Mohammad Nurfatoni.

sumber berita by [pwmu.co]

Artikel ini telah dibaca 81 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Turunnya Al-Quran Jadi Inspirasi Perubahan Masyarakat dari Jahiliah ke Modern

29 March 2024 - 02:24 WIB

Waktu Yang Tepat Mengeluarkan Zakat Fitrah Menurut Muhammadiyah

28 March 2024 - 22:23 WIB

Kader Muhammadiyah Harus Punya Spirit Iqra Untuk Meraih Kesuksesan

28 March 2024 - 18:19 WIB

Dicontohkan Nabi SAW, Inilah Berbagai Amalan Saat Beriktikaf di Masjid

28 March 2024 - 14:18 WIB

Mengungkap Rahasia Turunnya Al-Quran: Perjalanan Tahapan dan Proses Kompilasi Kitab Suci

28 March 2024 - 06:16 WIB

Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadan, Tim Promosi dan PMB UM Bandung Bagikan Takjil Gratis

28 March 2024 - 02:15 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network