Menu

Mode Gelap
Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

Muhammadiyah News Network WIB

OJK resmikan bank wakaf mikro dayah Babul Maghfirah Aceh Besar


 OJK resmikan bank wakaf mikro dayah Babul Maghfirah Aceh Besar Perbesar

#

Banda Aceh, InfoMu.co – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso telah meresmikan bank wakaf mikro (BWM) di dayah (pesantren) terpadu Babul Maghfirah Aceh Besar, dan ini menjadi yang pertama di tanah rencong.

“Kita telah meresmikan bank wakaf mikro Babul Maghfirah, ini luar biasa karena menjadi yang pertama di provinsi Aceh,” kata Wimboh Santoso, di Aceh Besar, Jumat.

Kata Wimboh, bank wakaf mikro tersebut sebenarnya sudah direncanakan sejak 2019 lalu, namun karena pandemi COVID-19 peresmiannya tertunda hingga hari ini.

Wimboh menyampaikan, OJK menginisiasi lahirnya bank wakaf mikro tersebut untuk memberikan akses kepada masyarakat lebih luas melalui pembiayaan, pembinaan dalam berusaha.

“Selain pembiayaan nantinya kita juga memberikan pembinaan pemasaran dengan digitalisasi, dan akan bekerja sama dengan instansi pemerintah di Aceh, termasuk bagaimana penjualan menggunakan platform e-commerce,” ujarnya.

Wimboh berharap lembaga ini bisa memberikan nilai tambah terhadap pesantren untuk pembinaan kehidupan lebih layak lagi hingga bisa menumbuhkan para pengusaha dari sini.

Wimboh menuturkan, untuk satu bank wakaf mikro tersebut idealnya membutuhkan donasi awal sebesar Rp8 miliar, di mana setengahnya digulirkan dan sebagian disimpan untuk operasional.

Sementara ini, lanjut Wimboh, bank wakaf tersebut baru memiliki modal awal Rp4 miliar yang didonasikan oleh Laznas BSI, sembari mencari nasabah tambahan, sehingga modalnya semakin meningkat.

“Ini berjalan terus, kita harapkan nanti kalau nasabah sampai tiga ribu orang, maka ini terus berkelanjutan sampai kapanpun,” demikian Wimboh. (ant)

sumber berita dari infomu.co

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pembukaan Gelar Karya P5 dan Classmeeting SMK Muhammadiyah Kudus 2022 – Muriamu.ID

6 December 2022 - 02:02 WIB

Relawan Muhammadiyah Lumajang Lakukan Asesmen dan Bantu Warga Terdampak Gunung Semeru

6 December 2022 - 01:59 WIB

Penyintas Gempa Cianjur Berterima Kasih Atas Respon Dan Layanan Muhammadiyah

6 December 2022 - 01:58 WIB

Kemeriahan Fashion Show Gelar Karya P5 SMK Muhammadiyah Kudus – Muriamu.ID

5 December 2022 - 22:01 WIB

Lazismu Jawa Timur Kirim 50 Ribu Kaleng Sarden untuk Korban Gempa Cianjur

5 December 2022 - 21:58 WIB

Pidato Perdana Ketua Umum PP Nasyiatul Aisyiyah Terpilih dalam Penutupan Muktamar

5 December 2022 - 21:56 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network