Home Muhammadiyah News Network OJK resmikan bank wakaf mikro dayah Babul Maghfirah Aceh Besar

OJK resmikan bank wakaf mikro dayah Babul Maghfirah Aceh Besar

by Infomu

Banda Aceh, InfoMu.co – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso telah meresmikan bank wakaf mikro (BWM) di dayah (pesantren) terpadu Babul Maghfirah Aceh Besar, dan ini menjadi yang pertama di tanah rencong.

“Kita telah meresmikan bank wakaf mikro Babul Maghfirah, ini luar biasa karena menjadi yang pertama di provinsi Aceh,” kata Wimboh Santoso, di Aceh Besar, Jumat.

Kata Wimboh, bank wakaf mikro tersebut sebenarnya sudah direncanakan sejak 2019 lalu, namun karena pandemi COVID-19 peresmiannya tertunda hingga hari ini.

Wimboh menyampaikan, OJK menginisiasi lahirnya bank wakaf mikro tersebut untuk memberikan akses kepada masyarakat lebih luas melalui pembiayaan, pembinaan dalam berusaha.

“Selain pembiayaan nantinya kita juga memberikan pembinaan pemasaran dengan digitalisasi, dan akan bekerja sama dengan instansi pemerintah di Aceh, termasuk bagaimana penjualan menggunakan platform e-commerce,” ujarnya.

Wimboh berharap lembaga ini bisa memberikan nilai tambah terhadap pesantren untuk pembinaan kehidupan lebih layak lagi hingga bisa menumbuhkan para pengusaha dari sini.

Wimboh menuturkan, untuk satu bank wakaf mikro tersebut idealnya membutuhkan donasi awal sebesar Rp8 miliar, di mana setengahnya digulirkan dan sebagian disimpan untuk operasional.

Sementara ini, lanjut Wimboh, bank wakaf tersebut baru memiliki modal awal Rp4 miliar yang didonasikan oleh Laznas BSI, sembari mencari nasabah tambahan, sehingga modalnya semakin meningkat.

“Ini berjalan terus, kita harapkan nanti kalau nasabah sampai tiga ribu orang, maka ini terus berkelanjutan sampai kapanpun,” demikian Wimboh. (ant)

sumber berita dari infomu.co

Related Articles

Leave a Comment