Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat Ini Lima Poin Keputusan Ini Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta 7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas 13 Besar Haedar Nashir Teratas

Muhammadiyah News Network WIB

Belum Diketahui Berapa Kuota dan ONH Tahun 2022, Calon Jamaah Menunggu Keputusan Pemerintah


 Belum Diketahui Berapa Kuota dan ONH Tahun 2022, Calon Jamaah Menunggu Keputusan Pemerintah Perbesar

#

Jakarta, InfoMu.co – Seiring dibukanya kembali penyelenggaraan haji tahun 2022 oleh Pemerintahan Arab Saudi, Panja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) DPR RI akan segera menetapkan biaya haji 2022 bagi jemaah Indonesia.

“Kami Panja BPIH akan segera menetapkan biaya yang disetorkan setiap jemaah berdasarkan atas jumlah kuota,” kata Ketua Panja BPIH Ace Hasan Syadzily, Sabtu (9/4/2022).

Untuk menentukan besaran biaya perjalanan ibadah haji atau BPIH tersebut, tergantung dari jumlah kuota jemaah Indonesia yang diberikan oleh Arab Saudi.

BPIH ini akan dihitung berdasarkan kebutuhan tiket pesawat, akomodasi, konsumsi dan transportasi di Arab Saudi dan dalam negeri, dan keperluan jemaah lainnya yang dibutuhkan para jemaah.

Oleh karena itu, dia meminta Kementerian Agama untuk segera memastikan berapa jumlah pasti yang diberikan bagi Indonesia karena menyangkut dengan persiapan anggaran yang akan dibebankan kepada setiap jemaah haji.

Selain itu, Pemerintah Indonesia harus segera mendata calon jamaah haji yang akan diberangkatkan sesuai dengan persyaratan di bawah usia 65 tahun dan dipastikan mereka telah mendapatkan vaksin yang diakui Pemerintah Arab Saudi.

Hal yang sangat penting juga adalah Kementerian Agama harus dapat menjelaskan kepada calon jemaah haji di atas usia 65 tahun yang seharusnya berangkat tahun ini agar mereka tidak kecewa.

“Jumlah calon jemaah haji di atas 65 tahun cukup banyak. Bahkan jika diperlukan Pemerintah Indonesia melakukan lobby kepada Pemerintah Arab Saudi agar ada relaksasi tentang usia ini,” kata Ace.

Kemudian yang patut untuk diupayakan Pemerintah Indonesia agar menambah kuota adalah dengan melakukan lobi kepada pemerintah Arab Saudi agar kuota negara lain yang tidak termanfaaatkan untuk dapat dialokasikan untuk jemaah haji Indonesia. (haluan)

sumber berita dari infomu.co

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pemerintah Berencana Impor Beras, Anwar Abbas Minta Komitmen Keberpihakan Pada Petani

26 November 2022 - 21:41 WIB

Kenapa Islam Berkemajuan, Tidak Muslim Berkemajuan? Ini Penjelasan Syafiq Mughni

26 November 2022 - 20:55 WIB

Pesan Haedar Nashir Menjelang Pesta Demokrasi 2024

26 November 2022 - 19:39 WIB

Pemko Banda Aceh Lakukan Diseminasi Audit Kasus Stunting

26 November 2022 - 17:38 WIB

Ikut meriahkan HUT SMP 2 Nalumsari, stand teknologi smkmuhikudus tarik antusias pengunjung – Muriamu.ID

26 November 2022 - 16:55 WIB

Kisah Pak AR Ketika Jadi Imam Salat Tarawih di Tebuireng

26 November 2022 - 16:54 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network