Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat Ini Lima Poin Keputusan Ini Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta 7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas 13 Besar Haedar Nashir Teratas

Muhammadiyah News Network WIB

PKDA Spemdalas Gelar Lomba Kultum – PWMU.CO


 PKDA Spemdalas Gelar Lomba Kultum – PWMU.CO Perbesar

Tingkatkan PD Siswa, PKDA Spemdalas Gelar Lomba Kultum, liputan Lely Badriyah kontributor PWMU.CO
Peserta lomba kultum Spemdalas (Istimewa/PWMU.CO)

PKDA Spemdalas Gelar Lomba Kultum, liputan Lely Badriyah kontributor PWMU.CO

#

PWMU.CO –  Keseruan menyambut bulan Ramadhan dirasakan oleh seluruh siswa SMP Muhammadiyah 12 (Spemdalas) GKB Gresik dengan mengikuti bermacam-macam lomba dalam acara Pesantren Kilat Darul Arqam (PKDA).

Pada hari keempat, siswa Kelas VII dan VII mengikuti berbagai lomba yang seru dan menarik. Adapun lomba yang diikuti antara lain lomba CCI (Cerdas Cermat Ismubaqu) bertempat di Andalusia Hall, lomba azan bertempat di masjid, lomba kultum di Kelas VIII ICP 1, lomba yel-yel Islami di lapangan, lomba tartil di Kelas VII ICP 1, lomba tahfidh di kelas VII ICP 2, dan lomba puisi Islami kelas VIII ICP 2.

Koordinator lomba Eka Ayu Pradiska Putri MPdI mengatakan kegiatan ini akan memberikan manfaat kepada siswa Spemdalas untuk melatih kepercayaan diri dan komunikasi dengan baik. Dengan dilatih sejak SMP akan mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki setiap anak.

“Lomba kultum pada Kegiatan PKDA ini bertema bebas, Islami. Tidak hanya berpatokan pada bulan Ramadhan tetapi materi yang dibawakan oleh peserta dari perwakilan setiap kelas sangat menarik,” ujarnya.

Gunakan Teks yang Sudah Ada

Ayu, sapaan akrabnya, menjelaskan untuk memudahkan siswa dalam mengikuti lomba kultum ini, panitia memberikan kebebasan materi, tetapi tetap isinya adalah Islami.

“Karena jika nantinya ditentukan takutnya anak-anak sulit membuat teks baru. Dengan diselenggrakan lomba ini bersifat senang dan tidak menekan. Jadi anak-anak bisa mengikuti lomba ini menggunakan teks yang sudah ada,” jelasnya.

Persiapan Terbaik

Siswa kelas VII D Risya Naya Dyvandra mengaku sangat senang mengikuti lomba ini dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin.

“Alhamdulillah perasaan saya senang ketika ustadzah Munawaroh memberikan kepercayaan pada saya untuk mengikuti lomba kultum dan kesempatan ini tidak saya sia-siakan. Untuk latihannya sudah saya persiapkan 1 pekan sebelum lomba,” ujarnya.

Naya sapaan akrabnya, membagikan tips agar tidak grogi ketika mengikuti lomba kultum yaitu dapat menguasai materi yang akan di lombakan. “Yang paling adalah sebelum tampil ke depan membaca doa terlebih dahulu,” tandasnya. (*)

Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

sumber berita by [pwmu.co]

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pesan Haedar Nashir Menjelang Pesta Demokrasi 2024

26 November 2022 - 19:39 WIB

Pemko Banda Aceh Lakukan Diseminasi Audit Kasus Stunting

26 November 2022 - 17:38 WIB

Ikut meriahkan HUT SMP 2 Nalumsari, stand teknologi smkmuhikudus tarik antusias pengunjung – Muriamu.ID

26 November 2022 - 16:55 WIB

Kisah Pak AR Ketika Jadi Imam Salat Tarawih di Tebuireng

26 November 2022 - 16:54 WIB

Fikti UMSU Tuan Rumah Devfast 2022 Diikuti 400 developer dan Mahasiswa IT

26 November 2022 - 15:37 WIB

Sore ini (26/11), MUI Sumatera Utara Bedah Buku “Membekali Ulama di Era Digital”

26 November 2022 - 13:36 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network