Home Muhammadiyah News Network Mengenal Ilmu Falak bagi Kehidupan, AMM Bandar Selamat Gelar Literasi Alam Semesta di OIF UMSU

Mengenal Ilmu Falak bagi Kehidupan, AMM Bandar Selamat Gelar Literasi Alam Semesta di OIF UMSU

by Infomu

Mengenal Ilmu Falak bagi Kehidupan, AMM Bandar Selamat Gelar Literasi Alam Semesta di OIF UMSU

Medan, InfoMu.co -Bak energi yang tak pernah habis, setelah menggelar kegiatan Wisata Budaya pada Ahad kemarin (27/3), kini Angkatan Muda Muhammadiyah Bandar Selamat melanjutkan agenda kedua dengan melaksanakan Literasi Alam Semesta ke Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU
Kamis (14/4). Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari Ilmu Falak yang pada hakikatnya penting bagi kehidupan umat Islam.

Sebagai penjelasan, Literasi artinya kemampuan dan keterampilan seseorang dalam berbahasa seperti membaca, menulis, berkomunikasi dengan tujuan untuk menambah wawasan.

Kegiatan Literasi Alam Semesta ini sesuai dengan pengertiannya juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dari segala informasi yang diterima, baik dari proses membaca, menulis, visualisasi digital, maupun komunikasi mengenai sistem yang ada di Alam Semesta yang mungkin berpengaruh dalam membantu kita memecahkan masalah di masyarakat.

Ilmu Falak Bagi Umat Muslim

Ilmu Falak merupakan Ilmu yang mempelajari lintasan (orbit) benda-benda langit yang merupakan bagian dari Astronomi, dimana hanya mempelajari 3 benda langit yakni bumi, bulan, dan matahari.

Bahasan Ilmu Falak yang dipelajari dalam Islam ialah yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah maupun aktivitas sosial.

Pada umumnya ilmu Falak mempelajari 4 bidang, yakni :
1. Arah kiblat dan bayangan arah kiblat, dari mempelajari Ilmu Falak dapat diketahui cara menentukan arah kiblat sholat.
2. Waktu-waktu Sholat, dari mempelajari Ilmu Falak dapat diketahui perbedaan waktu di permukaan bumi dan dapat melakukan penetapan waktu sholat yang mana berbeda-beda di berbagai tempat dan berubah sepanjang tahunnya.
3. Awal Bulan, dari mempelajari Ilmu Falak dapat diketahui penentuan awal-awal bulan Hijriyah.
4. Gerhana, dari mempelajari Ilmu Falak dapat diketahui posisi benda langit antara satu dan lainnya. Seperti jarak antar bulan dan matahari yang bila pada posisinya bisa menjadi gerhana matahari maupun gerhana bulan.

OIF UMSU

Pengamatan benda-benda langit biasanya dilakukan dalam sebuah Observatorium. Dengan demikian agenda Literasi Alam Semesta ini dilaksanakan di Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU oleh Relawan Literasi Angkatan Muda Muhammadiyah Bandar Selamat pada hari Kamis, (14/4) atau 13 Ramadhan 1443 Hijriyah.

Tour dimulai pukul 14.30 WIB di Ruangan Planetarium, ruangan ini seperti ruangan teater kecil yang dilengkapi layar lebar dan sound sistemnya. Di dalamnya para peserta dipersilahkan untuk duduk dan menyimak rangkaian video simulasi benda-benda langit yang diputar oleh pihak OIF yakni Tim Planetarium. Mulai dari video singkat perkenalan OIF sendiri, Video Software Bumi, Bulan, Matahari yang berisi penjelasan mengenai manfaat Ilmu Falak terhadap peng-Akurasian arah kiblat dan sebagainya, serta Video Animasi pengenalan Planet di Tata Surya yang sangat memudahkan anak-anak dalam mengenal benda-benda langit tersebut.

Setelah menyimak seluruh penjelasan video simulasi yang berdurasi kurang lebih 30 menit di ruangan Planetarium, kemudian para peserta tour diarahkan menuju ruangan Instrumen Astronomi. Dimana di dalam ruangan ini dapat dilihat berbagai macam alat-alat astronomi yang berguna untuk mengamati benda-benda langit. Seperti berbagai jenis teropong baik teropong modern dan teropong klasik yang diantaranya ada Pin Hole untuk melihat matahari, Teropong Obscura, juga ada Rubu’ Al Mujayyab yang merupakan Kalkulator Analog Astronom Klasik dan lain sebagainya. Selain mendengarkan penjelasan serta melihat alat-alat astronomi, di ruangan ini pula para peserta diberi kesempatan mencoba kegunaan berbagai alat tersebut dibawah pengawasan dan arahan para Tim Planetarium.

Setelah puas di ruangan Instrumen Astronomi sesuai dengan arahan Tim Planetarium sebagai tour guide, para peserta keluar dari ruangan menuju halaman OIF untuk melihat sendiri bagaimana bentuk matahari sebenarnya melalui Teleskop. Para peserta dipersilahkan untuk menaiki Sliding Roof yang merupakan rumah Teleskop, dimana masing-masing dua orang peserta secara bergantian mengamati matahari. Di Sliding Roof peserta diarahkan untuk meletakkan mata ke arah lensa teleskop dan terlihat lah bentuk matahari dari lensa tersebut yang berwana Orange menyala secara jelas dan sangat dekat.

Dalam menunggu antrian untuk mengamati matahari dengan teleskop, peserta lainnya dipersilahkan juga melihat matahari secara langsung dengan bantuan kacamata khusus. Kacamata ini dipakai seperti memakai kacamata pada umumnya, kemudian kepala dihadapkan ke arah matahari dan langsung dapat dilihat dengan jelas pula bagaimana bentuk matahari yang berwana Orange menyala.

Sebagian peserta tour yang sudah merasakan pengamatan juga melihat-lihat Miniatur Tata Surya yang tersedia di samping Sliding Roof. Media Miniatur Tata Surya ini berbentuk 3D dan merupakan media tiruan dari planet-planet yang sesungguhnya yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran langsung.

Sebagai penutup dari rangkaian kegiatan, para peserta bersama seluruh anggota Angkatan Muda Muhammadiyah Bandar Selamat yang ikut serta dalam tour diberi kesempatan untuk berfoto di depan Ikon OIF UMSU sebagai kenangan telah berkunjung dan merasakan tour alam semesta dengan baik. Kemudian anggota AMM Bandar Selamat dimintai kesan pesannya oleh Pihak OIF tentang bagaimana dan apa tujuan dari berlangsungnya kegiatan Literasi Alam Semesta di OIF UMSU.

Pukul 15.30 WIB seluruh alur kegiatan telah selesai dilaksanakan dan para peserta telah dipersilahkan kembali pulang. Sebelum itu, bertepatan dengan waktu Ashar para peserta dan anggota AMM tak lupa melaksanakan shalat berjamaah di masjid taqwa yang berada di kampus Pascasarjana UMSU. (Deviasri Syua’idah Daulay)

sumber berita dari infomu.co

Related Articles

Leave a Comment