Home Muhammadiyah News Network SMK Telkom Medan Menggelar Buka Puasa, Bersama Masyarakat Sekitar Sekolah

SMK Telkom Medan Menggelar Buka Puasa, Bersama Masyarakat Sekitar Sekolah

by Infomu

Medan, InfoMu.co – Tujuan utama dari lembaga pendidikan  bersama masyarakat di lingkungan sekolah adalah mengubah tingkah laku peserta didik menjadi lebih baik. Ada hubungan timbal balik antara keduanya,  institusi pendidikan bertugas  untuk mendidik siswa sehingga menjadi individu yang mandiri, kreatif, berilmu, berakhlak mulia, serta bertanggung jawab, kemudian masyarakat juga membutuhkan lembaga  pendidikan untuk pembinaan siswa sehingga terhindar dari perbuatan yang tercela di lingkungan mereka tinggal.

Terkait dengan tujuan tersebut, lembaga pendidikan SMK Telkom Medan yang berlokasi di Jl. Jamin Ginting Km. 11,1 No. 9C, Kwala Bekala, Medan Johor, Simpang Selayang, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara melibatkan masyarakat dalam pembinaan siswa. Hal ini perlu dilakukan karena kebanyakan siswa-siswinya berasal dari luar kota Medan dan mereka tinggal di kost-kostan di sekitar mereka tinggal.

Salah satu kegiatan sekolah di bulan Ramadhan adalah melaksanakan kegiatan buka puasa bersama. Sebenarnya kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya, namun dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19 kegiatan buka puasa tersebut diadakan secara sederhana dan tidak melibatkan banyak orang untuk menghindari kerumunan. Setelah Covid-19 sudah meredah, pelaksanaan buka puasa  di tahun 2022 kembali digelar dengan mengundang keluarga besar guru dan pegawai muslim SMK Telkom Medan, tidak lupa pihak sekolah juga mengundang warga sekitar sekolah untuk bersama-sama berbuka puasa di sekolah tersebut. Pada acara tersebut, tampak hadir Bapak Misman selaku Kepala Lingkungan II Kel. Simpang Selayang Kec. Medan Tuntungan.

Acara dibuka oleh bapak Riduan M.A pada pukul 17.40 Wib, kemudian dilanjutkan pemberian tausiyah  oleh Ustadz Imamul Authon Nur, Lc, M. TH dengan tema Kaifiyat dan Sunnah-Sunnah Puasa Ramadhan sampai menjelang berbuka puasa. Setelah azan Maghrib berkumandang semua peserta makan untuk pembuka puasa, selanjutnya melaksanakan sholat Maghrib berjamaah di Masjid Ulul Ilmi SMK Telkom Medan.  Setelah itu dilanjutkan dengan makan bersama secara prasmanan. Diujung acara bapak Ir. Januar, M.Si selaku kepala sekolah memberikan santunan kepada 24 orang anak yatim untuk mengambil keberkahan acara tersebut. Setelah itu acara ditutup dengan doa bersama.

Itulah suasana buka puasa bersama masyarakat di sekitar sekolah SMK Telkom Medan di tahun 2022, tampak terpancar kegembiraan di wajah peserta pengajian baik guru, pegawai dan masyarakat sekitar sekolah setelah mengikuti acara tersebut.  Semoga kegiatan buka puasa bersama tersebut bisa memberikan spirit serta meningkatkan silaturahmi antara guru dan pegawai serta warga masyarakat di sekitar sekolah, sehingga tujuan pendidikan SMK Telkom Medan bisa tercapai. Amiin. ( Penulis, Jamaluddin, Guru SMK Telkom Medan & Dosen Politeknik Ganesha Medan, Praktisi IT, Bisnis Online dan Penggiat Media Online)

sumber berita dari infomu.co

Related Articles

Leave a Comment