Home Muhammadiyah News Network Tanda-Tanda Anak Harus Batalkan Puasa – PWMU.CO

Tanda-Tanda Anak Harus Batalkan Puasa – PWMU.CO

by PWMU CO
Tanda-Tanda Anak Harus Batalkan Puasa, liputan Mahfudz Efendi di kontributor PWMU.CO Gresik
Ustadz Hasan menyerahkan bingkisan untuk narasumber Diane Noviyanti (Mahfudz Efendi/PWMU.CO)

Tanda-Tanda Anak Harus Batalkan Puasa, liputan Mahfudz Efendi di kontributor PWMU.CO Gresik

PWMU.CO – Ada tanda-tanda saat anak harus berbuka puasa. Hal itu disampaikan Apt Diane Noviyanti SFarm pada kegiatan Meriah Bersama Sang Pakar (Mekar) Ramadhan Camp SD Alam Muhammadiyah Kedanyang (SD Almadany), Kamis (14/4/22).

Diane Noviyanti menyampaikan motivasi berpuasa sehat ke peserta Ramadhan Camp Pesantren Kilat Darul Arqom (PKDA) 1443 H. “Ada kalanya seorang anak harus berbuka puasa, jika kondisi tubuhnya sedang tidak sehat.

“Tanda-tanda tubuh seorang anak tidak sanggup lagi berpuasa, antara lain demam tinggi, mata cekung, pusing, sakit perut, dan tubuh makin lemas,” ujarnya.

Manfaat Tidur Siang

Apoteker yang bekerja di RS Grha Husada PT Petro Graha Medika ini menyampaikan tidur siang memiliki manfaat bagi ana-anak.

“Tahukah kalian anak-anakku, tidur siang itu banyak lho manfaatnya,” ujar Bunda dari Siswi IV Flamboyan Aisyah Jasmine Zaini ini.

Dia memaparkan manfaatnya antara lain mengembalikan energi anak. Sama seperti orang dewasa, lanjutnya, tidur siang juga bisa membantu mengisi ulang energi anak. Terlebih lagi, anak kerap merasa kelelahan karena aktivitas fisik, termasuk anak bermain di luar rumah dan proses belajar yang ia lakukan.

Dengan tidur siang, sambungnya, anak menjadi lebih rileks dan segar sehingga bisa kembali melanjutkan aktivitasnya.

Diane Noviyanti berfoto bersama dengan peserta Ramadhan Camp Sd Almadany (Mahfudz Efendi/PWMU.CO)

Nyenyak Tidur Malam

Diane menjelaskan tidur siang pun bisa menyebabkan tidur malam lebih mudah dan nyenyak. Kebiasaan tidur siang membuat anak lebih mudah dan nyenyak untuk tidur pada malam hari. Jika tidak tidur siang, anak akan merasa terlalu lelah.

“Hal ini sering membuat anak susah tidur pada malam hari. Atau sebaliknya rasa lelah yang berlebihan juga membuat anak tidur malam lebih cepat. Bila ini terjadi, anak bisa terbangun pada dini hari atau justru tidak sempat makan malam,” ungkapnya.

Manfaat tidur siang bagi anak selanjutnya adalah memperbaiki suasana hati anak. Tidur siang juga dapat menjaga dan memperbaiki suasana hati anak Anda. Tidur membuat rasa lelah anak dapat terobati sehingga memiliki suasana hatinya jadi lebih baik. Suasana hati yang lebih baik mencegah anak mudah marah.

Tidur siang juga bermanfaat untuk mendukung proses belajar anak. Tidur siang secara teratur dapat membuat anak lebih fokus dan memiliki daya ingat yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

“Anak-anak mampu mengingat 10 persen lebih banyak setelah tidur siang daripada sebelumnya,” ujarnya.

Manfaat yang dirasakan anak yang tidur siang juga dapat menjaga berat badan anak. Bukan cuma kesehatan mental anak, tidur siang juga baik untuk perkembangan fisiknya. Salah satunya adalah dapat menjaga berat badan anak tetap sehat dan ideal.

“Anak yang kurang tidur cenderung lebih banyak makan, terutama makanan berkalori tinggi,” tuturnya. Hal inilah, sambungnya, yang dapat meningkatkan risiko obesitas pada anak. (*)

Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment