Home Muhammadiyah News Network Antusiasme Jelang Wisuda SPEAM di Bulan Ramadhan – PWMU.CO

Antusiasme Jelang Wisuda SPEAM di Bulan Ramadhan – PWMU.CO

by PWMU CO
Wisuda Pesantren SPEAM Kota Pasuruan (Imam Fikry Fanani/PWMU.CO)

Antusiasme Jelang Wisuda SPEAM di Bulan Ramadhan; Liputan Rozzaqul Hasan, kontributor PWMU.CO Kota Pasuruan.

PWMU.CO – Ramadhan tahun 1443 Hijriah menjadi bulan yang berkesan bagi siswa semester akhir Sekolah Pesantren Entrepreneur Al Maun Muhammadiyah (SPEAM), Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Sebanyak 51 murid SPEAM diwisuda di aula Rumah Makan Kebon Pring Kota Pasuruan saat sedang menjalankan ibadah puasa (16/4/2022).

Wisuda yang dilaksanakan pukul 14.00 WIB itu tidak membuat para wisudawan berkurang sedikit pun semangatnya.

Antusias Siapkan Diri

Sejak menjelang shalat Dzuhur mereka sudah menyiapkan diri. Pakaian dan perlengkapan diletakkan dan ditata rapi di atas tempat tidur masing-masing.

Para wisudawan dan orangtua mereka tampak antusias. Siswa putri sibuk dengan busana dan riasan beberapa jam sebelumnya. Orangtua yang berasal dari Pasuruan dan daerah terdekat hadir lebih awal membantu merias dan mendandani calon wisudawati tanpa membedakan anak kandung atau bukan. Sungguh layaknya keluarga sendiri.

Siswa putra tampak lebih sederhana dengan riasan dan toga yang dikenakan tapi tetap rapi dan elegan. Gagah dan berwibawa tampak dari wajah dan gaya berjalannya. 

Orangtua siswa putra seakan tak mau kalah dengan orangtua siswa putri. Mereka memastikan toga yang dikenakan putra-putranya sudah rapi. Mereka pandangi putranya dari depan, belakang, samping kanan-kiri, atas-bawah sambil sesekali merapikan apa yang tampak kurang elok. 

Tempat wisuda berjarak hampir satu kilometer dari lokasi pesantren putra. Orangtua menyiapkan mobil dan membawa calon wisudawan ke tempat acara. Bukan hanya putranya semata, tapi juga kawan putranya. Tidak perlu lagi menunggu jemputan mobil pesantren.

Sungguh jalinan hubungan sosial yang indah antar wali santri semakin menambah kesan baik di wisuda SPEAM Ramadhan kali ini.

Editor Mohammad Nurfatoni/DR

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment